Ahad , 18 Juni 2017, 21:23 WIB

Istana Kensington Rilis Foto Khusus Rayakan Hari Ayah

Rep: SHELBI ASRIANTI/ Red: Indira Rezkisari
Instagram Kensington Royal
Foto resmi Istana Kensington terkait perayaan hari ayah. Tampak Pangeran Charles dengan kedua putranya di atas, dan di bawah foto Pangeran William dengan putranya Pangeran George.
Foto resmi Istana Kensington terkait perayaan hari ayah. Tampak Pangeran Charles dengan kedua putranya di atas, dan di bawah foto Pangeran William dengan putranya Pangeran George.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Istana Kensington, Kerajaan Inggris, merilis foto khusus untuk memperingati perayaan hari ayah. Di sejumlah negara, termasuk Inggris, hari untuk memberikan penghormatan dan penghargaan kepada sosok ayah itu jatuh setiap hari Ahad pekan ketiga di bulan Juni.

"Selamat Hari Ayah. Semoga semua ayah di dunia ini berbahagia," tulis keterangan foto yang diunggah akun @kensingtonroyal pada Ahad (18/6) pukul 02.39 pagi waktu setempat.

Siapa saja yang melihat unggahan tersebut pasti sulit menahan diri untuk tidak tersenyum. Terdapat dua foto yang digabungkan menjadi satu, menampilkan tiga generasi pewaris tahta Britania Raya, yakni Pangeran Charles, Pangeran William, Pangeran Harry, dan Pangeran George.

Bagian atas foto menampilkan nostalgia lawas Charles yang tersenyum lepas, diapit kedua putranya, William dan Harry. Bagian bawah foto menunjukkan William dewasa telah menjadi ayah, sedang menimang putra bungsunya, George.

Laman Goodhousekeeping melaporkan, foto pertama diambil pada 1997, ketika Charles dan dua putranya melewatkan liburan musim panas ke Istana Balmoral, Skotlandia. Sedangkan foto yang lebih kekinian dipotret 19 tahun kemudian, ketika keluarga kerajaan menghabiskan waktu di pesta anak-anak selama tur Kanada.

Momen yang terabadikan itu telah memikat hati puluhan ribu pengguna Instagram. Sejak dirilis, foto tersebut telah disukai lebih dari 89 ribu kali, dan warganet berharap William dibuatkan sarapan atau mendapat kartu ucapan manis dari keluarga kecilnya pada hari perayaan.

Menurut sejarah, peringatan hari ayah di puluhan negara dimulai sejak awal abad ke-12, meski tidak lazim dirayakan di Indonesia. Selain Hari Ayah di pekan ketiga bulan Juni, beberapa negara Eropa dan Timur Tengah juga memperingati Hari Laki-laki Internasional atau International Men's Day setiap 19 November.