Kamis , 18 Mei 2017, 10:47 WIB

Rumah Film Paling Terkenal Dunia Berumur 90 Tahun

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Flickr
The Chinese Theater
The Chinese Theater

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Mei ini, teater paling terkenal di dunia, Teater Cina Grauman memasuki usianya yang ke-90. Teater ini telah melalui momen pergantian 16 presiden Amerika, perang dunia dan tiga kali bencana gempa bumi.

Teater ini dibuat oleh seorang pemain teater asal Amerika bernama Sid Grauman pada 1926 dan resmi dibuka pada Mei 1927. Gauman menghabiskan biaya sebanyak dua juta dolar AS untuk pembangunan teater ini.

Teater ini dibangun dengan gaya Cina klasik. Terdapat dua naga besar sebagai pilar bagian depan bangunan. Setiap tahunnya, teater ini dikunjungi oleh sekitar lima sampai enam juta orang dari penjuru dunia.

Diusianya yang ke-90, Teater Cina Grauman mencetak sejarah sebagai satu-satunya teater yang mampu bertahan hingga sembilan dekade. Rencananya, dalam beberapa tahun, teater yang sama akan dibangun di San Diego dan di Cina sendiri sesuai namanya.

Tepat di depan teater ini, terdapat situs terkenal dan bersejarah Hollywood Walk of Fame. Situs ini berisi ratusan cetakan tangan dan kaki para tokoh terkenal dan selebriti papan atas dunia.

Belum lama ini, sutradara senior Ridley Scott menjadi orang yang ke-304 yang cetakan tangan dan kakinya diabadikan Hollywood Walk of Fame. Merupakan sebuah tradisi bintang terbaik Hollywood untuk diabadikan di situs ini mulai dari Mary Pickford, John Wayne, Sophia Loren, Jack Nicholson hingga Brad Pitt, dilansir dari Malay Mail Online.

Berita Terkait