Jumat , 21 April 2017, 09:00 WIB

Kartini dan Wanita Indonesia Masa Kini

Red: Dwi Murdaningsih
ist
Batik menjadi salah satu pakaian yang umum digunakan pada Hari Kartini.
Batik menjadi salah satu pakaian yang umum digunakan pada Hari Kartini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekali dalam setahun, mata kita akan dimanjakan dengan penampilan sangat berbeda dari sebagian besar anak-anak sekolah Indonesia yang mengenakan pakaian adat dari berbagai suku di Nusantara. Menarik? Tentu saja, karena hari itu adalah Hari Kartini. Hari yang istimewa dan akan selalu diingat sebagai perayaan penting di dunia pendidikan, terutama bagi kaum wanita Indonesia.

Bukan hanya anak sekolah, para pegawai kantoran juga mengenakan pakaian yang sama, bahkan para wanita pada umumnya akan tampil cantik dengan mengenakan kebaya, lengkap dengan riasan menawan yang sangat Indonesia.

Semua tampil cantik mempesona, menunjukkan betapa Hari Kartini memang masih dan akan tetap mengingatkan kita pada budaya dan penampilan wanita Indonesia yang sesungguhnya. Bagaimana tidak, pakaian adat nan anggun dipadukan dengan riasan cantik yang serasi, wajah-wajah Kartini ini hanya akan ada di setiap tanggal 21 April saja. Meski menawan, kebanyakan wanita pasti enggan menggunakannya setiap hari, bukan?

Pada dasarnya, dunia fashion Indonesia kini telah berkembang dengan sangat pesat, sehingga pakaian dan aksesoris etnik bisa hadir dalam nuansa yang lebih fashionable. Di tangan para desainer dan pegiat fashion profesional, berbagai pakaian dan aksesoris etnik ini berubah menjadi busana etnik modern yang dapat dikenakan dengan lebih mudah dan simpel.

Tanpa menghilangkan kesan etnik di dalamnya, busana dan aksesoris ini hadir dalam warna dan desain yang lebih muda, sehingga tetap sesuai untuk dikenakan dalam berbagai acara. Kesan kuno dan membosankan, tak akan kita temukan lagi di dalamnya.  

Setali tiga uang dengan para desainer tersebut, beberapa brand lokal juga mengeluarkan seri make-up etnik yang dapat menunjang penampilan menjadi lebih sempurna. Paduan busana etnik dengan make-up yang senada, tentu akan membuat penampilan dengan nuansa etnik modern menjadi lebih anggun dan berkelas.

Hal ini juga didukung dengan kemudahan berbelanja berbagai produk busana dan make-up etnik tersebut, sebab ada banyak merchant online yang mudah kita temukan. Di antara sejumlah merchant yang bisa dipertimbangkan, Matahari Mall dan Zalora menjadi pilihan yang paling tepat dan akan membuat urusan belanja menjadi lebih mudah, sebab semua kebutuhan busana serta make-up etnik tersebut bisa kita temukan di sana.

Mendatangi satu toko untuk menemukan semua barang kebutuhan sekaligus, akan sangat menghemat waktu dan juga tenaga ketika berbelanja, inilah yang dapat diberikan Matahari Mall dan Zalora bagi kita para pelanggannya.

Busana dan riasan etnik bukan hanya untuk Hari Kartini saja, sebab kita bisa tampil dengan nuansa etnik modern kapan saja. Jika ingin penampilan unik dengan busana dan make-up etnik, kunjungi Matahari Mall dan temukan semua produk tersebut dengan mudah.