Sabtu, 11 Ramadhan 1439 / 26 Mei 2018

Sabtu, 11 Ramadhan 1439 / 26 Mei 2018

Indonesia Punya 5.340 Resep Makanan Tradisional

Jumat 11 Mei 2018 15:36 WIB

Rep: MGROL102/ Red: Yudha Manggala P Putra

Popularitas makanan Indonesia kian meningkat, terlihat dari makin banyaknya tempat berbintang yang menyajikan kuliner Nusantara.

Popularitas makanan Indonesia kian meningkat, terlihat dari makin banyaknya tempat berbintang yang menyajikan kuliner Nusantara.

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Setiap makanan memiliki cerita yang bisa menjadi daya tarik tambahan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia setidaknya memiliki 5.340 resep makanan tradisional yang tersebar di berbagai daerah. Hal itu diungkapkan Ketua Akademi Gastronomi Indonesia Vita Datau Messakh.

"Kita ada 5.340 resep tradisional Indonesia berdasarkan riset yang ada di Gastronomi Indonesia dan teman-teman komunitas," jelas Vita di Jakarta beberapa hari lalu.

Ia juga menambahkan bahwa Indonesia memiliki sebanyak 1.340 budaya. Dari budaya itulah makanan Indonesia memiliki kisahnya masing-masing. Karenanya mengemas cerita di balik hidangan bisa menjadi daya tarik tambahan.

"Makan kita itu dipengaruhi oleh culture-nya. Jadi cerita-cerita makanan kita itu jadi daya tarik sendiri," ucap wanita yang juga Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata. "The power of storytelling itu penting."

Menurut Vita sektor kuliner merupakan salah satu yang banyak berkontribusi pada pendapatan Domestik Bruto (PDB) Ekonomi Kreatif (EKRAF). Pada tahun 2017, kuliner mencatat pendapatan sebanyak 42 persen. Berada di atas fashion sebesar 18 persen. Sementara bidang kerajinan kriya menyumbang 15 persen.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES