Sabtu, 11 Ramadhan 1439 / 26 Mei 2018

Sabtu, 11 Ramadhan 1439 / 26 Mei 2018

7 Tempat Wisata di Jakarta yang tak Boleh Dilewatkan

Selasa 24 April 2018 05:41 WIB

Red: Citra Listya Rini

Tugu Monas alias Monumen Nasional yang menjadi ikon kota Jakarta.

Tugu Monas alias Monumen Nasional yang menjadi ikon kota Jakarta.

Foto: Republika/Agung Supriyanto
Tugu Monas atau monumen nasional adalah tempat wisata sekaligus ikon kota Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  --  Apa yang muncul dalam benak Anda tentang kota Jakarta? Ya, ibu kota Indonesia ini memang terkenal dengan kota metropolitan dan kemacetannya. Namun ternyata, selain kehiruk-pikukan yang terjadi setiap harinya di Jakarta, terdapat beberapa tempat yang dapat dijadikan wisata hiburan dan juga edukasi.

Berwisata di Jakarta tidak melulu harus ke mall, banyak juga tempat yang dapat Anda datangi bersama keluarga, teman, atau pasangan. Ingin tahu tempat wisata apa saja di Jakarta yang tidak boleh dilewatkan? Berikut beberapa diantaranya yang diambil dari laman traveloka.com :

1. Taman Impian Jaya Ancol

Tempat wisata yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Ancol menyediakan berbagai wahana permainan seru dan menarik untuk berlibur. Wahana tersebut antara lain Gelanggang Samudera, Dunia Fantasi (Dufan), dan Sea World.

2. Monas

Tugu Monas atau monumen nasional adalah tempat wisata sekaligus ikon dari kota Jakarta. Selain itu, Monas memiliki nilai sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdakaan.

Bangunan ini didirikan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno dan dibuat dengan desain yang unik karena terdapat lidah api berlapis emas di bagian atasnya.

Terdapat pula museum yang berisi berbagai benda bersejarah di bagian dasar bangunannya. Harga tiketnya yang murah menjadikan Monas sebagai tempat wisata favorit yang selalu dipadati pengunjung.

3. Taman Mini Indonesia Indah

Untuk Anda yang sangat senang dengan wisata budaya, maka Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tidak boleh terlewatkan saat menghabiskan waktu liburan di Jakarta.

Di sini terdapat berbagai anjungan yang memperlihatkan kekayaan budaya, seni, adat, serta agama dan kepercayaan yang ada di Indonesia.  Selain wisata budaya, TMII juga menyediakan wahana permainan yang dijamin seru, seperti kolam renang, Teater Keong Mas, kereta gantung, dan wahana menarik lainnya.

photo

Taman Mini Indonesia Indah.

4. Kota Tua

Kawasan Kota Tua Jakarta adalah salah satu tempat populer yang tidak boleh Anda lewatkan. Selain melihat bagaimana bentuk bangunan di Jakarta tempo dulu, kita juga bisa mengunjungi berbagai museum yang berada di kawasan Kota Tua.

Bangunan-bangunan ala Belanda yang masih terjaga keasliannya juga menjadikan tempat ini spot foto paling tepat untuk Anda yang sedang berlibur. Di sekitar Kota Tua juga terdapat kuliner menarik, seperti kerak telor.

Anda juga dapat menyewa sepeda untuk berkeliling kawasan Kota Tua hingga ke Sunda Kelapa. Dijamin liburan Anda akan menjadi liburan yang tak terlupakan.

photo

Wisata Kota Tua Jakarta.

5. Hutan Mangrove, Pantai Indah Kapuk

Mau menikmati suasana asri dikelilingi pohon bakau? Kawasan hutan mangrove di Pantai Indah Kapuk wajib Anda datangi. Di sana, terdapat beragam aktivitas yang dapat Anda lakukan.

Seperti misalnya menaiki perahu mengelilingi hutan, hingga berkontribusi dalam pelestarian lingkungan dengan ikut menanam mangrove. Tempat ini juga menjadi tempat favorit muda-mudi untuk berfoto.

6. Ragunan

Ingin melihat hewan dari dekat di tengah kota besar seperti Jakarta? Datang saja ke Ragunan. Dengan luas wilayah sebesar 147 hektare, tempat wisata di Jakarta ini menampung lebih dari dua ribu ekor satwa dan 50 ribu pepohonan.

Untuk masuk ke tempat ini, Anda hanya perlu menyiapkan uang sebanyak Rp 5.000 saja. Selain melihat satwa, Anda juga dapat menaiki beragam wahana menarik seperti kereta keliling, sepeda ganda, dan lain sebagainya.

photo

Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta.

7. Pecinan Glodok

Tidak jauh dari kawasan Kota Tua, Anda dapat menikmati suasana permukiman Cina di wilayah China Town atau Pecinan Jakarta. Di wilayah inilah warga keturunan Tionghoa bermukim dan beranak cucu.

Pecinan Glodok ini merupakan kawasan pecinan terbesar di Indonesia lho. Bahkan, keberadaannya disebut-sebut sebagai salah satu penggerak dari roda ekonomi Jakarta hingga kini.

Bentuk bangunannya yang masih dipertahankan membuat Anda serasa terbawa kembali ke masa lampau. Anda juga dapat mengunjungi beragam klenteng, vihara, dan mencicipi kuliner khasnya.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES