Jumat, 4 Sya'ban 1439 / 20 April 2018

Jumat, 4 Sya'ban 1439 / 20 April 2018

Rumah Cagar Budaya Dahor Ikuti Pameran Museum se-Indonesia

Selasa 17 April 2018 11:47 WIB

Red: Hazliansyah

Warga berkunjung ke dalam rumah panggung cagar budaya Dahor di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (24/5).

Warga berkunjung ke dalam rumah panggung cagar budaya Dahor di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (24/5).

Foto: Antara/M Agung Rajasa
Pameran museum akan berlangsung di TMII pada 19 hingga 22 April 2018

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pameran Museum se-Indonesia akan kembali digelar. Ajang yang memasuki tahun ke-6 penyelenggaraan ini akan berlangsung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), pada 19 hingga 22 April 2018 mendatang.

Pameran museum mengsuung tema “Wanita” dan diikuti 34 provinsi seluruh Indonesia. Pameran rencananya akan dibuka oleh Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Dari banyaknya museum yang akan turut serta, salah satunya ada Rumah Cagar Budaya (RCB) Dahor yang akan memboyong sejarah kota Balikpapan sebagai kota minyak.

“Mungkin hanya segelintir orang yang tahu sejarah kota minyak. Sebab, sejarah yang melekat belum banyak terekspos ke luar,” ujar Ketua Pengurus RCB Dahor Didiek Anggrat, dalam keterangan tertulis, Selasa (17/4).

Didiek mengatakan, RCB Dahor pada awalnya adalah rumah panggung hunian untuk karyawan Pertamina yang dinas di Balikpapan. Namun sejak tahun 2016 silam oleh pemerintah setempat diresmikan sebagai Rumah Cagar Budaya Dahor.

Di dalam rumah yang terletak di Jalan Dahor itu terdapat deretan potret hitam putih yang tersusun rapi.

Koleksi foto yang dipajang di dalam menggambarkan kondisi Balikpapan saat mulai berdiri ratusan tahun lampau. Kilang minyak tua hingga lokasi-lokasi yang kini telah berubah tergambar apik dalam foto-foto yang dipajang di dinding partisi. 

Nantinya koleksi-koleksi foto itu yang akan dihadirkan selama pameran. Nantinya booth yang dihadirkan akan dibuat replika dari RCB Dahor.

“Dari event ini, paling tidak bisa menarik kunjungan RCB Dahor lebih banyak lagi. Bagi saya sejarah ini patut dilestarikan. Paling tidak, pengunjung bisa kami ajak bernostalgia melihat Balikpapan masa lampau,” tuturnya.

Region Manager Com & CSR Pertamina Kalimantan Yudy Nugraha mengatakan, dalam event tahunan yang dihelat di Taman Mini Indonesia RCB Dahor diundang sebagai perwakilan Balikpapan.

Undangan ini tidak lepas dari peran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan yang mengusulkan RCB Dahor sebagai perwakilan Balikpapan.

“Ini sebuah kebanggan Pertamina karena dapat mengantarkan RCB Dahor ke event skala nasional. Harapannya, pusat sejarah Balikpapan ini dapat dikenal ke khalayak luas,” ucapnya Senin (16/4).

Sebagai informasi, acara pameran tersebut digelar dalam rangka ulang tahun TMII ke 43. Adapun, rangkaian acara mulai dari workshop, demonstrasi, talkshow, dan pertunjukan seni. Lokasi kegiatan akan dilaksanakan di Gedung Sasana Kriya, TMII.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES