Friday, 4 Sya'ban 1439 / 20 April 2018

Friday, 4 Sya'ban 1439 / 20 April 2018

Malang Bidik Tujuh Juta Wisatawan

Sabtu 14 April 2018 20:11 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Obyek Wisata Kota Batu, Malang

Obyek Wisata Kota Batu, Malang

Sejumlah program digeber untuk merealisasikan target tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Pemerintah Kabupaten Malang membidik lebih dari tujuh juta wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke kabupaten berjuluk "Seribu Pantai" itu selama 2018. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang Made Arya Wehantara di Malang, Jawa Timur, Sabtu (14/4), optimistis target bakal terealisasi.

Target tujuh juta wisatawan tersebut dinilai cukup realistis karena pada tahun lalu arus kunjungan wisatawan ke wilayah itu mencapai 6,5 juta orang.

"Kami akan melakukan berbagai upaya dan menggeber (memacu) banyak program untuk merealisasikan target tersebut. Upaya yang kami lakukan, di antaranya adalah promosi wisata melalui berbagai even dan pameran wisata, serta mengembangkan objek-objek wisata potensial," katanya.

Ia berharap dengan di-"geber"-nya berbagai program dan mengikuti pameran wisata di berbagai daerah, bahkan di luar negeri, objek wisata di Kabupaten Malang akan semakin dikenal dan menjadi daerah tujuan wisata bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Selain promosi untuk mengenalkan berbagai objek wisata di Kabupaten Malang, pihaknya juga mengintensifkan dan mengoptimalkan keberadaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Keberadaan Pokdarwis tersebut, selain bertugas mengenalkan objek-ojek wisata, juga memobilisasi wisatawan dari berbagai daerah, bahkan untuk saling berkunjung ke daerah wisata masing-maisng .

Keberadaan objek wisata akan mendongkrak kunjungan wisata di lokasi tertentu yang akan berdampak pada pertumbuhan dan pengembangan ekonomi masyarakat, termasuk ekonomi kreatif masyarakat setempat.

"Warga sekitar bisa menumbuhkan inovasi kreatifnya dengan membuat berbagai produk rumahan yang bisa menjadi oleh-oleh khas," ujarnya.

Produk kreatif tersebut bisa berupa cinderamata, feysen, dan makanan ringan khas objek wisata setempat. "Kami berharap di setiap objek wisata yang ada di daerah ini ada oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang wisatawan." katanya.

Dari sejumlah lokasi wisata di Kabupaten Malang, sebagian besar berupa wisata alam pantai, seperti Pantai Kondang Merak, Balekambang, Sendangbiru, Ungapan, Ngudel, Licin, Goa China, Pantai Tiga Warna, Banyu Anjlok, Bangkung, Bajul Mati dan Ngliyep.

Selain pantai, peninggalan sejarah berupa candi juga cukup banyak di Kabupaten Malang, seperti Candi Singosari, Candi Kidal, dan Candi Jago. Sementara wisata buatan yang masih menjadi "legenda" adalah Taman Wisata Wendit yang dikenal dengan banyaknya kera di area tersebut.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES