Sunday, 6 Sya'ban 1439 / 22 April 2018

Sunday, 6 Sya'ban 1439 / 22 April 2018

Berburu Sunset di Pantai Karang Hawu

Senin 19 March 2018 09:56 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Yudha Manggala P Putra

Sunset di Karang Hawu

Sunset di Karang Hawu

Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Menunggu sunset, pengunjung bisa bermain pasir atau mengejar ombak.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Saat melancong ke Kabupaten Sukabumi, sempatkanlah mampir ke Pantai Karang Hawu. Destinasi wisata tersebut bisa menjadi alternatif tempat berburu foto pemandangan matahari terbenam alias sunset yang indah.

Secara geografis, Pantai Karang Hawu terletak di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Lokasinya di pesisir selatan 'berjajar' dengan sederet pantai lain seperti Pantai Cibareno, Pantai Cimaja, Pantai Cibangban, dan Pantai Citepus.

Begitu menginjakkan kaki di Pantai Karang Hawu, pengunjung akan disambut karang besar yang menjorok ke laut di sisi timurnya. Penduduk setempat menyebut karang tersebut berbentuk tungku, yang dalam bahasa Sunda disebut 'Hawu'.

Sayangnya, karang terletak di sisi timur sehingga tidak dapat dijadikan latar foto sunset. Namun, jika langit cerah, perpaduan pemandangan langit dan laut di sisi barat pantai ini sama sekali tidak mengecewakan.

Sambil menunggu momen matahari terbenam, pengunjung bisa bermain pasir atau berlarian mengejar ombak. Pantai dilengkapi saung-saung yang menjual makanan/minuman, juga apabila ingin numpang ke kamar mandi atau hendak beribadah.

Ketika Republika.co.id berkunjung ke sana, dua papan selancar besar ditancapkan berjajar pada hamparan pasirnya. Maman (64 tahun), penjaga Pantai Karang Hawu, mengatakan bahwa papan selancar itu adalah batas aman pengunjung 'mandi' di laut.

"Kalau melebihi batas ini bahaya karena sudah dekat karang. Nanti bisa terseret ombak," ujar kakek 12 cucu yang sudah menjadi penjaga pantai sejak tahun 1970-an itu.

Ia mengatakan, pengunjung paling sering datang untuk berenang, berfoto, dan menikmati keindahan alam. Kadang-kadang ada juga yang berselancar apabila ombak sedang bagus dan tidak 'pecah', yang biasanya berlangsung selama musim kemarau.

Pantai Karang Hawu bisa dicapai dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum rute Terminal Cisolok-Pelabuhan Ratu dengan tarif sesuai jarak. Pelancong yang datang tidak dikenakan biaya apapun selain ongkos parkir apabila membawa kendaraan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES