Kamis , 11 Januari 2018, 15:08 WIB

Air Terjun Temam yang Berubah Warna di Malam Hari

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Republika/Adysha Ramadhani
Air Terjun Temam di Lubuk Linggau, Sumatra Selatan.
Air Terjun Temam di Lubuk Linggau, Sumatra Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Air Terjun Temam merupakan salah satu destinasi wisata alam unggulan dari Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan. Selain menyejukkan mata, objek wisata yang dijuluki 'Niagara Mini' ini juga nampak berwarna-warni di malam hari.

"Ada lampu warna-warni di bawah air terjun. Kalau malam kelihatan cantik," ujar salah satu pekerja yang akrab disapa sebagai 'Ibu Supri' saat ditemui Republika.co.id di Air Terjun Temam, Rabu (10/1).

Lampu warna-warni yang menghiasi Air Terjun Temam ini akan menyala otomatis ketika hari sudah mulai gelap. Lampu warna-warni yang menciptakan ilusi indah di air terjun ini juga akan mati secara otomatis saat tengah malam.

"Jadi lampunya nyala sendiri, mati sendiri (otomatis)," tambah Ibu Supri.

Pemandangan cantik Air Terjun Temam bisa dinikmati pengunjung dari beberapa titik. Salah satu titik yang cukup populer adalah jembatan yang terbentang di samping air terjun. Melalui jembatan ini, pengunjung bisa melihat area air terjun dengan lebih luas.

Pengunjung yang ingin melihat Air Terjun Temam juga bisa menuruni anak tangga yang sudah disediakan. Anak-anak tangga ini memiliki ketinggian yang pas sehingga tak sulit untuk dijajaki oleh pengunjung. Setelah menuruni anak tangga, pengunjung bisa menikmati pemandangan Air Terjun Temam lebih dekat. Pemandangan air terjun yang cantik membuat banyak pengunjung melakukan swafoto di area ini.

Petugas Keamanan Air Terjun Temam, Hasanudin (54), mengatakan pengunjung yang datang di malam hari biasanya didampingi oleh pemandu. Pengunjung yang datang saat hari sudah mulai gelap juga perlu berhati-hati saat menuruni anak tangga dan mendekati objek wisata.

Selain menawarkan keindahan alam yang asri dan memanjakan mata, Air Terjun Temam juga dilengkapi beberapa fasilitas lain yang tak kalah menarik. Di bagian belakang Air Terjun Temam terdapat taman bunga dan area bermain flying fox.

Untuk memasuki area Air Terjun Temam, pengunjung tak perlu merogoh kocek yang dalam karena harga tiket sangat terjangkau. Pengunjung yang berminat untuk bertandang ke taman bunga akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp 5 ribu untuk orang dewasa dan Rp 3 ribu untuk anak-anak. Sedangkan permainan flying fox hanya dikenai biaya sebesar Rp 5 ribu.

"07.30 kita sudah buka," terang Hasanudin.

Di samping itu, Air Terjun Temam juga berdampingan dengan Temam Waterpark. Hanya dengan membayar Rp 25 ribu per orang pada hari biasa atau Rp 35 ribu per orang pada hari libur, pengunjung bisa menikmati beragam permainan air yang menyenangkan di Temam Waterpark.

Wisatawan yang ingin berkunjung ke Air Terjun Temam ataupun Temam Waterpark juga tidak perlu khawatir terkait jarak. Lokasi kedua destinasi wisata ini hanya berjarak sekitar 15 menit dari Bandara Silampari dan hanya berjarak kurang dari satu jam dari pusat kota Lubuk Linggau.

"Wisatawan yang datang banyak yang dari jauh, termasuk luar negeri," jelas Hasanudin.

photo
Air Terjun Temam di Lubuk Linggau, Sumatra Selatan.