Rabu , 18 October 2017, 00:11 WIB
Pariwisata Sembalun

Alternatif Puncak Rinjani

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Yudha Manggala P Putra
Republika/ Wihdan
Menikmati  Gunung Rinjani dari Bukit Pergasingan, Sembalun, Lombok.   (Republika/ Wihdan Hidayat)
Menikmati Gunung Rinjani dari Bukit Pergasingan, Sembalun, Lombok. (Republika/ Wihdan Hidayat)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMBALUN -- Menaiki puncak gunung Rinjani bukanlah perkara mudah. Bagi wisatawan yang terbatas waktu, tenaga, dan biaya namun ingin mencicipi sensasi puncak Sembalun, cukup mendaki Bukit Pergasingan.

Bukit Pergasingan berada di Kecamatan Sembalun, tepatnya Desa Sembalun Lawang, Lombok Timur. Kami berkesempatan mendaki bukit berketinggian 1.700-an mdpl itu dengan biaya 340 ribu rupiah dalam satu paket.

Paket itu terdiri dari satu orang pemandu, perlengkapan pendakian, dan camping serta perbekalan. Plus, biaya tambahan sepuluh ribu rupiah untuk biaya kebersihan bukit yang dipungut di pintu masuk.
Pendakian dimulai sekitar pukul sembilan malam. Jalur pendakian akan menyulitkan karena di sejumlah titik pengunjung akan menemui kemiringan kurang lebih 65 derajat.


Tiba di puncak sekitar pukul 12 malam. Saya segera istirahat agar dapat menikmati matahari pagi. Sekitar pukul lima pagi matahari mulai menampakkannya senyumnya.

Pergasingan mirip imajinasi anak TK saat menggambar dua bukit yang di tengah-tengahnya matahari dan di bawahnya sawang menghampar. Panorama menakjubkan Desa Sembalun dengan Puncak Rinjani sebagai latar belakangnya seolah membayar tunai tenaga yang dikucurkan agar sampai ke puncak.


Saya pun menuruni bukit dengan rasa gembira usai mendapati betapa indahnya alam Indonesia terpotret abadi dalam memori.