Senin , 17 July 2017, 14:16 WIB

Situs Warisan Dunia Terbaru di Kamboja

Rep: Puti Almas/ Red: Esthi Maharani
Reuters
Kuil Sambor Prei Kuk
Kuil Sambor Prei Kuk

REPUBLIKA.CO.ID, PHNOM PENH -- Kuil Sambor Prei Kuk di Kamboja secara resmi telah diumumkan oleh UNESCO menjadi situs warisan dunia terbaru dan akan dirayakan pada Senin (17/7). Banyak turis yang dalam dua hari terakhir ini, berbondong-bondong datang mengunjungi lokasi tempat bersejarah dikenal sangat menarik ini.

Sepanjang akhir pekan, para turis terlihat antusias melihat situs warisan budaya dunia terbaru tersebut. Sambor Prei Kuk dikenal sebagai sebuah peradaban Khmer yang berkembang pada abad ke-6 dan ke-7.

Secara resmi, UNESCO menambahkan tempat yang dikenal memiliki arti yang berarti kuil dalam kekayaan hutan ini sebagai situs warisan dunia terbaru pada 8 Juli lalu. Lokasi Sambor Prei Kuk terletak tepatnya 206 kilometer di utara Ibu Kota Phnom Penh.

"Saya sangat senang dan mengucapkan banyak terima kasih kepada nenek moyang kami yang membangun kuil yang saat ini menjadi sebuah situs warisan dunia, ini menjadi sesuatu hal sangat berharga terlebih bagi generasi sekarang dan akan datang," ujar penjaga kuil Sambor Prei Kuk, Sem Norm, Senin (17/7).

Di Kamboja, sebelumnya kompleks kuil Angkor Wat juga terlebih dahulu dikenal turut berada dalam daftar. Selain itu, ada Taman Arkeologi Angkor dan kuil Preah Vihear yang terletak di perbatasan negara itu dengan Thailand.

Semakin banyaknya situs warisan dunia di Kamboja membuat banyak warga setempat yang berharap ekonomi negara dapat meningkat. Tentunya, dari sektor pariwisata hal ini sangat menarik antusias turis, baik lokal maupun mancanegara.

"Tak hanya lebih meningkatkan ekonomi dengan banyak wisatawan yang datang, sisi positif lainnya adalah anak-anak di Kamboja dapat lebih terbuka dan belajar bahasa Inggris dengan mudah," ujar seorang pengunjung kuil Sambo Prei Kuk, Uch Srey Leakhena.