Senin , 17 July 2017, 12:42 WIB

Sembilan Hal yang Buat Liburan Berkualitas

Rep: Rizkyan adiyudha/ Red: Esthi Maharani
corbis
Tampak sebuah keluarga sedang menikmati liburan di pantai.
Tampak sebuah keluarga sedang menikmati liburan di pantai.

REPUBLIKA.CO.ID, -- Pengalaman buruk yang didapatkan saat liburan pasti membuat kesan liburan menjadi kurang baik. Karena itu, tidak ada salahnya jika ada memastikan liburan Anda menyenangkan dengan sembilan hal ini.


1. Bagasi
Barang bawaan merupakan komponen perjalanan yang penting. Dilansir dari Time, Anda disarankan membawa barang-barang yang sesuai dengan tujuan liburan. Harga menjadi hal relatif namun yang terpenting perlengkapan tersebut mampu membantu perjalanan sesuai fungsinya.

2. Sepatu yang nyaman
Liburan rasanya relatif membosankan tanpa menjelajah destinasi wisata tertentu. Saat eksplorasi ini dilakukan, disitulah fungsi sepatu yang sesuai dengan kondisi lokasi wisata. Sepatu yang nyaman akan membuat perjalanan Anda menyenangkan.

3. Keamanan diri
Tidak ada salahnya sedikit wasapada. Anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi dalam petualangan. Jangan sampai ketidaknyamanan mengikuti kenikmatan perjalanan.

4. Pengalaman tak terlupakan
Hal ini dapat dilakukan dengan terlibat dalam berbagai aktifitas. Masalahnya, pengalaman yang tidak terlupakan itu mungkin akan menguras biaya Anda. Tapi, Anda bisa mencari siasat agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar tetapi pengalaman liburan juga tak terlupakan. Misalnya saja dengan menyesuaikan harga tiket dan tempat menginap untuk dapat memaksimalkan pengalaman liburan tersebut.

5. Asuransi perjalanan
Tidak ada salahnya untuk mengeluarkan uang sedikit lebih banyak untuk memastikan perjalanan Anda tetap maksimal.

6. P3K
Obat-obatan juga menjadi hal yang jangan dilewatkan. Anda tentu tidak ingin terserang penyakit yang pada akhirnya mengurangi kualitas perjalanan atau yang lebih buruk lagi, Anda harus menghabiskan masa liburan di rumah sakit. Jangan mengabaikan hal ini karena itu benar-benar bisa menjadi perbedaan antara hidup dan mati.

7. Fasilitas kesehatan
Ini juga menjadi hal penting untuk ditelusuri lebih awal. Pastikan fasilitas kesehatan dilokasi tujuan dapat diandalkan.  Jangan sampai sakit yang Anda alami saat liburan tidak dapat teratasi. Tidak ada salahnya juga menghabiskan sedikit lebih banyak uang terkait hal ini.

8. Koneksi data
Membeli kartu perdana dilokasi tujuan sedikit banyak dapat membantu meningkatkan kualitas perjalanan. Pasalnya, belum tentu wi-fi di tempat Anda menginap dapat menyediakan jaringan maksimal sesuai kebutuhan.

9. Air
Jangan lupa membawa botol air selama petualangan. Lagi-lagi, tidak ada salahnya menghabiskan sedikituang untuk memastikan tubuh tidak terserang dehidrasi. Namun untuk memastikan kualitas air yang diminum, tidak akan percuma untuk membawa botol minuman pribadi. Kalau dihitung, hal ini juga lebih hemat ketimbang harus membeli air dilokasi wisata yang biasanya lebih mahal.