Ahad , 16 July 2017, 07:28 WIB

Berwisata Murah Meriah ke Curug

Rep: DESY SUSILAWATY/ Red: Indira Rezkisari
dok Republika
Curug/ilustrasi
Curug/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Curug adalah sebutan untuk sebuah air terjun yang berukuran kecil dan memiliki ketinggian yang rendah yang mudah dicapai. Jika Anda kebetulan memiliki waktu libur dan tidak memiliki rencana maka mengunjungi curug bisa menjadi untuk menyegarkan pikiran.

Biasanya obyek wisata ini sangat ekonomis karena dikelola sendiri oleh warga sekitar sehingga fasilitasnya pun seadanya. Di kawasan Jawa Barat ada banyak curug yang indah. Warga lokal menjaga dengan baik karena curug memberikan kesuburan dengan aliran airnya yang sampai ke desa.

Dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id dari Ezytravel, untuk mencapai curug biasanya tetap perlu jalan kaki dari spot tertentu, karena jalan yang belum dibuka untuk kendaraan umum atau karena jalanannya tetap dijaga asri agar curug tetap alami. Salah satu curug yang direkomendasikan adalah Curug Love di Sentul, Bogor. Sebelumnya, Curug Love ini tidak begitu terkenal namun seiring dengan berjalannya waktu semakin banyak yang mengunjungi, ditambah peran media sosial membuat tempat wisata ini cepat sekali tersebar.

Mengapa bisa dinamai dengan Curug Love? Awalnya nama curug ini adalah Curug Meleduk, nama yang sejak awal diberikan oleh penduduk sekitar pada curug itu. Nama Curug Love muncul dan menggantikan curug meleduk karena ada batu besar di tengah-tengah yang membelah aliran air curug dan jika dilihat sekilas batu besar itu seperti bentuk hati yang melambangkan cinta.

Sudah disebutkan bahwa lokasi Curug Love ini berada di Sentul, Bogor atau lebih tepatnya sama dengan jalan menuju Jungle Land dan ke arah kanan menuju Curug Love.

Menuju Curug Love bisa ditempuh dengan motor atau mobil, dan ketika sudah di dekat kawasan maka Anda harus berjalan kaki sekitar 60 menit. Selama berjalan kaki itu Anda akan disuguhi alam yang sangat indah berupa persawahan, sungai dan bahkan hutan bambu. Lokasi curug ini masih dalam satu kawasan dengan Curug Cikunjang dan Curug Putri Kencana sehingga bisa sekalian mengunjungi ketiga curug tersebut. Biaya masuk untuk mengunjungi curug ini sangat murah, cukup membayar tiket masuk seharga Rp 10 ribu dan ongkos parkir kendaraan seharga Rp 5.000 saja.

Saat ini jalan setapak menuju Curug Love sudah baik, begitu juga fasilitas yang ada di sekitarnya seperti kamar mandi, warung makan dan musholla. Dengan air yang begitu jernih, Anda akan tergiur untuk berenang di sana dan tenang saja karena kedalaman Curug Love ini tidak begitu dalam sehingga aman bagi yang tidak bisa berenang. Anda akan dapat berdiri dengan baik di kolamnya tanpa terendam seluruhnya. Ada satu spot yang harus dikunjungi bernama Leuwi Jodoh, entah karena apa dinamakan demikian namun pengunjung bergurau jika datang ke sana bisa bertemu dengan jodohnya.







Berita Terkait