Senin , 19 Juni 2017, 15:10 WIB

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Liburan Bulan Ramadhan

Red: Indira Rezkisari
pexels
Pergi liburan
Pergi liburan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Datangnya bulan suci Ramadhan bukan menjadi penghalang untuk Anda yang ingin berlibur. Anda bisa tetap berlibur ke luar negeri tanpa harus takut ibadah puasa terganggu.

“Para traveler Muslim tak perlu khawatir batal puasa saat ingin melakukan pelesiran saat bulan Ramadhan. Mempelajari poin-poin penting yang biasanya terjadi di negara tujuan bisa jadi tips yang jitu memperlancar ibadah,” ujar Freddy Chandra selaku Director Obaja Tour & Travel.

Berikut lima hal yang harus diperhatikan saat berwisata ke luar negeri saat bulan Ramadhan.

Jadwal Azan dan Imsak
Hal ini bisa jadi merupakan hal yang paling dipikirkan saat berpuasa di negara yang mayoritasnya non-Muslim. Maka dari itu, solusi yang tepat ialah mengunduh aplikasi pengingat waktu ibadah yang paling akurat di gawai. Sehingga tidak kelewatan menunaikan shalat maupun tidak kebablasan sahur.

Perhatikan Musim
Saat Ramadhan tahun 2017 ini banyak negara yang sedang mengalami musim panas. Hal yang perlu diperhatikan adalah beberapa negara tersebut otomatis mempunyai waktu siang yang lebih panjang daripada malam harinya. Sehingga, bagi Anda yang berpuasa diharapkan menyiapkan hal ini dengan memperhatikan asupan nutrisi secukupnya di waktu sahur.

Jangan Lupa Alat Shalat
Tentunya bulan Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba untuk memperoleh Ridho Allah. Maka dari itu, saat berlibur pun sebaiknya jangan sampai kelupaan untuk membawa mukenah atau Alquran kecil. Mukenah yang akan dibawa sebaiknya mukenah travelling (mukenah yang bisa dilipat sampai ukuran kecil) sehingga tidak perlu repot saat berpergian.

Pemilihan Makanan untuk Berbuka dan Sahur
Memilih makanan untuk berbuka dan sahur harus selektif apalagi saat berlibur di negeri orang. Pastikan yang Anda makan merupakan panganan halal. Namun, saat ini, Korea, Jepang dan beberapa negara di Eropa sudah banyak restoran yang menyajikan penganan yang tidak mengandung unsur babi. Selain itu, pada saat sahur sebaiknya mengonsumsi multivitamin dan air putih yang banyak agar tubuh tidak kekurangan nutrisi.

Pemilihan Pakaian
Berkaitan dengan jatuhnya bulan Ramadhan tahun ini di musim panas, maka sebaiknya tidak memakai pakaian yang dirangkap terlalu banyak. Pakaian yang akan dikenakan selama berlibur seharusnya tidak berbahan terlalu tebal, karena dikhawatirkan dapat menyebabkan dehidrasi .