Senin , 19 June 2017, 00:00 WIB

4 Cara Maksimalkan Libur Lebaran Anda

Red: Budi Raharjo
Traveloka
Liburan bersama keluarga
Liburan bersama keluarga

REPUBLIKA.CO.ID,Lebaran selalu dinanti-nantikan karena menjadi momen untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan sanak saudara. Momen kumpul bersama keluarga bisa menjadi semakin istimewa jika dimanfaatkan untuk berwisata ke banyak objek wisata favorit.
 
Libur Lebaran kali ini juga bersamaan dengan liburan sekolah. Oleh karena itu, saat yang pas untuk memberikan hadiah kenaikan kelas bagi anak atau mengapresiasi puasa si kecil.
 
Agar liburan Lebaran semakin menyenangkan, perencanaan menjadi penting untuk dilakukan. Apalagi jika Anda melakukan liburan di kampung halaman atau luar kota. Terlebih, untuk urusan memesan hotel yang seringkali penuh saat musim libur.
 
Berikut ini hal-hal yang perlu Anda persiapkan agar libur Lebaran Anda semakin menyenangkan:
 
Diskusikan pilihan destinasi liburan Anda bersama seluruh anggota keluarga
Menyepakati objek wisata yang akan dikunjungi sangat penting untuk menghindari 'perselisihan' kecil keluarga. Sebab, tidak semua orang menyukai destinasi yang sama. Agar semua orang bisa antusias dan menikmati liburan ini, pilihlah sebuah destinasi yang disukai oleh semua orang dan sesuai dengan anggaran Anda.
 
Sesuaikan daftar objek wisata yang ingin dikunjungi
Destinasi wisata kini semakin beragam. Mulai wisata sejarah, wisata religi, wisata kuliner hingga wisata hiburan. Agar Anda 'menang banyak' saat liburan, Anda perlu menyesuaikan objek wisata yang ingin dikunjungi.
 
Misalkan Anda memutuskan untuk wisata sejarah agar menambah pengetahuan bagi si kecil. Meskipun mengunjungi berbagai tempat bersejarah dapat memperluas wawasan Anda dan keluarga, tentunya bagi anak-anak Anda semuanya ini bisa jadi membosankan.
 
Sebaiknya, Anda membuat rencana perjalanan yang mempunyai pembagian seimbang antara tempat bersejarah dengan atraksi menyenangkan seperti taman hiburan agar tidak boring. Ada baiknya, Anda mengunjungi tempat-tempat bersejarah terlebih dahulu sebelum ke taman hiburan, agar anak Anda tetap bersemangat sepanjang hari. Sebab, mereka masih penasaran dengan kunjungan ke taman hiburan yang ingin mereka impikan.
 
Buatlah rencana perjalanan yang realistis
Jangan ngoyo saat berwisata. Ingat, tujuan wisata adalah untuk membunuh kejenuhan. Ada kalanya menargetkan kunjungan ke sederet objek wisata di kota tujuan bukannya membawa kesenangan, tetapi membuat fisik Anda dan keluarga kelelahan dan akhirnya jatuh sakit saat liburan. Sesuaikan rencana perjalanan dengan kondisi fisik keluarga dan jarak yang rasional. Jangan berpindah-pindah lokasi terlalu jauh karena akan cukup menguras energi. Jangan lupa, pastikan semua anggota keluarga dalam kondisi fit saat liburan ya.
 
Pastikan urusan penginapan Anda dan keluarga sudah terjamin
Jauh sebelum tiba di kota tujuan, Anda harus memastikan sudah mendapatkan penginapan yang nyaman. Setalah beraktivitas liburan, Anda tentu membutuhkan istirahat agar tidak kelelahan.
Untuk memesan hotel, Anda dapat menggunakan Traveloka yang menyediakan beragam pilihan penginapan sesuai kebutuhan Anda. Situs pemesanan hotel ini juga mempunyai fitur StayGuarantee yang menjamin ketersediaan kamar sejak Anda membayar pemesanan hotel Anda, hingga saat check-in. Anda pasti bisa menginap dan pasti bisa mendapatkan kamar.
 
Layanan ini juga didukung oleh layanan customer service 24 jam yang siap membantu apabila Anda menghadapi kesulitan di saat check-in. Harga yang ditampilkan di situs atau aplikasi Traveloka juga sudah final, Anda tak perlu khawatir ada lagi biaya tak terduga setelah membayar pesanan hotel Anda.
 
Nah, itu tadi tips sederhana agar liburan semakin menyenangkan. Jangan lupa, jaga kondisi tubuh. Selamat berkumpul dengan keluarga!