Jumat , 21 April 2017, 14:01 WIB

Mengapa Wisman Pilih Bali Jadi Destinasi Terfavorit Dunia?

Rep: Muthia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
EPA
Pariwisata Bali bukan cuma dari alamnya, budaya seperti pawai Ogoh-Ogoh sebelum Nyepi juga menarik minat wisatawan.
Pariwisata Bali bukan cuma dari alamnya, budaya seperti pawai Ogoh-Ogoh sebelum Nyepi juga menarik minat wisatawan.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Situs informasi perjalanan wisata terbesar dunia, TripAdvisor menetapkan Bali sebagai destinasi pariwisata terbaik di dunia. Bali menjadi destinasi wisata pertama di Asia yang meraih posisi puncak sebagai World's Best Destination dalam TripAdvisor Travellers Choice Award.

Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Bali, I Dewa Putu Sunartha, mengatakan penghargaan ini merupakan pilihan wisatawan dan pengguna TripAdvisor di seluruh dunia. Mereka tentunya sudah pernah berkunjung dan merasakan berwisata di Pulau Dewata.

"Kita berharap semakin banyak wisatawan berkunjung ke Bali, tidak cukup sekali, tapu berkali-kali," ujarnya, Jumat (21/4).

Pulau Bali memiliki kekayaan obyek dan atraksi wisata sangat menarik. Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara di Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana mengatakan penghargaan ini memperkuat posisi Indonesia sebagai negara yang mengedepankan pariwisata. Bali memiliki tiga hal istimewa, yaitu credibility (kredibilitas), confidence (kepercayaan diri), dan calibration (kalibrasi).

"Penghargaan internasional ini tak diberikan begitu saja. Ada indikator terukurnya," kata Pitana.

Pariwisata adalah industri global yang menggunakan standar global. Kepala Pemasaran Destinasi Pariwisata di TripAdvisor Asia Pasifik, Sarah Matthews mengatakan pemenang penghargaan ini dipilih berdasarkan jutaan ulasan dan opini dari wisatawan seluruh dunia dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Ulasan dan opini ini secara global bersifat obyektif dan jumlahnya mencapai lebih dari 500 juta ulasan dengan 290 konten per menit setiap harinya.

"Bali merupakan tujuan wisata yang memberikan pengalaman terbaik bagi wisatawan," katanya.

Pengalaman terbaik itu, kata wanita yang berwisata ke Bali pertama kali 30 tahun lalu itu terdapat dalam obyek-obyek bertemakan wisata alam, wisata budaya, hingga gastronomi. Ini membuat mereka sering membagikan pengalaman di Bali kepada wisatawan lainnya di dunia.