Jumat , 17 February 2017, 12:31 WIB

Warga Solo Antusias Berburu Jenang

Rep: Andrian Saputra/ Red: Indira Rezkisari
Antara
Warga berebut jenang pada acara Festival Jenang Solo 2017 di Ngarsopuro, Solo, Jawa Tengah, Jumat (17/2).
Warga berebut jenang pada acara Festival Jenang Solo 2017 di Ngarsopuro, Solo, Jawa Tengah, Jumat (17/2).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Ribuan warga Solo antusias mengikuti festival jenang yang digelar Pemerintah Kota Solo di Jalan Diponegoro, Ngarsopuro, Jumat (17/2) siang. Berbagai jenis jenang disuguhkan secara gratis bagi warga.  

Festival Jenang digelar sebagai rangkaian dari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Solo ke-272. "Warga antusias sekali mencicipi jenang, ini bagus untuk mengangkat lagi kuliner khas Solo," tutur Jari Widarjanto, panitia stan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) yang turut memeriahkan festival jenang.

Dia mengatakan tiga jenis jenang yang disajikan yakni Jenang Gandul, Jenang Sumsum dan Jenang Dodol diminati oleh warga. Panitia RAPI pun menyiapkan 300 jenang untuk dibagikan.

Begitupun dengan stan Jenang milik ibu-ibu PKK Kelurahan Bumi, Laweyan yang menyediakan Jenang Gaul dan Jenang Mutiara. Jenang yang disajikan langsung habis diserbu pengunjung sejak stan dibuka.

"Banyak yang minat karena Jenang Gandul kan untuk anak kecil ya, setiap tahun terus mmeningkat antusias warga," kata Ani Estiyunani salah satu panitia PKK Kelurahan Bumi, Laweyan.

Ratih Wijayanti (20 tahun) salah satu warga yang antusias berburu jenang. sejak pagi tadi warga Karanganyar itu telah menunggu festival jenang berlangsung.  "Saya memang sengaja datang ke sini, ingin nikmati jenang," kata dia.