Jumat 01 Jul 2016 15:48 WIB

Mudik ke Palembang? Jelajahi Sensasi Pesona Lebaran di Musi

Ribuan warga Palembang menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT) di Jembatan Ampera, Palembang Rabu (9/3).
Foto: Republika/Maspril Aries
Ribuan warga Palembang menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT) di Jembatan Ampera, Palembang Rabu (9/3).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG – Anda mudik ke Palembang, Sumatera Selatan? Kota tepian Sungai Musi yang kaya akan sejarah masa lampau, sebagai bekas kerajaan maritim Sriwijaya. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengajak Anda yang menelusuri sensasi wisata di Kota Empek-Empek ini.

 “Silakan ekaplorasi, dengan Hastag #PesonaLebaranPalembang #PesonaKulinerPalembang #PesonaIndonesia dulu sebelum menentukan hendak mengunjungi objek wisata apa,” kata Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI di Jakarta.

Dia menyebut Palembang sebagai daerah yang lengkap. Alamnya oke, budayanya bagus, kuliner khasnya keren. Ada empek-empek, mie celok, aneka masakan ikan tawar, yang meruntuhkan selera lidah Anda. Sejumlah obyek wisata sejarah, alam, dan buatan sudah siap menyambut pemudik yang melintas di sepanjang jalan lintas timur dan lintas tengah Sumatera.

Di jalan lintas timur, dari arah Mesuji Lampung hingga Jambi, pemudik ada Danau Teluk Gelam di Kabupaten Ogan Komering Ilir yang bisa dikunjungi. Lalu, saat memasuki Kota Palembang, Anda dapat berkunjung ke obyek wisata Punti Kayu, Taman Purbakala Bukit Siguntang, Jembatan Ampera, hingga kompleks olahraga terpadu Jakabaring Sport City. "Kalau di lintas tengah ada Gua Putri dan Gua Harimau di Desa Padang Bindu. Tiket masuk tidak mahal, bahkan ada yang gratis," terang Arief Yahya.

Jembatan Ampera

Sebagai landmark, Jembatan Ampera memang diidolakan banyak wisatawan. Jembatan yang memiliki panjang 1.117 meter serta lebar 22 meter ini terbesar se-Asia Tenggara pada masanya. Arsitekturnya yang cantik serta beralaskan Sungai Musi, menjadi daya tarik wisatawan untuk berfoto. Keindahan Jembatan Ampera akan terasa sempurna saat malam hari. Puluhan lampu yang cantik akan menghiasi jembatan ini. Dijamin, Anda akan terpana dibuatnya. Saat lapar, di sekitar Sungai Musi dapat menjadi tujuan wisata kuliner Anda. Ada berbagai menu khas Palembang, seperti pempek, celimpungan, pindang patin, dan masih banyak lagi makanan lezat lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement