Jumat, 4 Sya'ban 1439 / 20 April 2018

Jumat, 4 Sya'ban 1439 / 20 April 2018

5 Tips Wujudkan Liburan Akhir Tahun

Selasa 17 April 2018 05:19 WIB

Red: Gita Amanda

Liburan (Ilustrasi)

Liburan (Ilustrasi)

Foto: ABCNews
Perlu persiapan matang untuk mewujudkan liburan yang nyaman.

REPUBLIKA.CO.ID, Liburan adalah sesuatu yang menyenangkan. Terlebih jika dilakukan dengan orang tersayang. Namun, ada banyak sekali hal yang perlu disiapkan sebelum liburan. Misalnya, tiket perjalanan, penginapan, pakaian, dan budget untuk beli oleh-oleh.

Semua hal itu tidak mudah untuk dilakukan. Sebab tentu harus penuh dengan yang

namanya persiapan matang. Jangan menganggap jika liburan bisa dilakukan kapan saja dan bersama siapa saja.

Sebab jika Anda pergi berlibur pada saat yang tidak tepat, pasti akan menyebabkan

ketidaknyamanan. Begitu juga jika Anda pergi dengan orang yang tidak Anda kenal dengan baik.

Liburan juga harus ditentukan dari awal. Apakah Anda akan menghemat biaya atau tidak perlu. Jika Anda ingin mewujudkan liburan akhir tahun yang hemat, ikutilah tips-tips berikut ini seperti yang dikutip dari Cermati.com:

  1. Menabung Jauh Hari

    Tips berlibur dengan biaya yang hemat adalah dengan menabung terlebih dahulu

    jauh-jauh hari sebelum berlibur. Menabung jauh-jauh hari akan membuat

    pengeluaran lebih tertata dan lebih terkontrol. Anda juga bisa memiliki lebih banyak uang ketika liburan.

    Apa salahnya jika hemat dahulu baru liburan daripada berlibur dan menghabiskan uang sekaligus. Anda bisa menabung misalnya Rp 50 ribu dalam satu hari. Sementara Anda akan berlibur tiga bulan kemudian. Kalikan saja Rp 50 ribu x 90 hari. Hasilnya akan lumayan sekitar Rp 4,5 juta, bukan?

    Jika menabung setiap hari, Anda sudah bisa berlibur dengan dana yang lumayan

    banyak dengan berhemat dan menabung di awal.

  2. Mendapatkan Harga Promo

    Dapatkanlah harga promo, baik promo pesawat maupun promo hotel. Dengan

    mendapatkan harga promo, Anda akan jauh lebih tenang karena bisa booking tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

    Promo tiket biasanya ada di jam tengah malam. Atau Anda juga bisa browsing ke

    berbagai sumber internet yang menyediakan penjualan tiket hotel atau pesawat ke tempat tujuan.

    Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan banyak potongan harga atau diskon. Dari sinilah Anda bisa berhemat dan bisa liburan dengan tenang tanpa harus menguras kantong.

  3. Hindari Kartu Kredit Terus-Menerus

    Hindari penggunaan kartu kredit terus-menerus. Sebab hal ini bisa menyebabkan

    Anda lupa diri ketika berbelanja saat liburan. Ada baiknya jika Anda  menggunakan uang tunai. Jangan menggunakan kartu kredit yang hanya akan membuat Anda berat di belakang.

    Pastikan jika Anda memiliki uang tunai ketika berlibur. Penggunaan kartu kredit atau debit ketika berlibur dianjurkan saat Anda berada dalam kondisi mendesak, seperti sakit dan harus pergi ke dokter, membeli obat resep, dan kebutuhan penting yang tidak bisa ditunda.

  4. Rekap Pengeluaran Selama Liburan

    Rekap semua pengeluaran Anda, baik itu untuk makan, membeli cemilan, maupun lain sebagainya. Bawalah buku catatan atau gunakan smartphone Anda untuk merekap segala pengeluaran dan jadwal Anda saat berlibur agar nantinya Anda tidak mengalami kerugian.

    Jangan segan untuk berhemat. Asal tidak kelaparan, kenapa tidak? Sebab dengan berhemat, Anda bisa menyimpan uang untuk liburan selanjutnya ke tempat lain.

  5. Manfaatkan Tempat Wisata Gratis

    Jangan ragu untuk memanfaatkan tempat wisata yang gratis tiket masuk. Dengan cara ini, Anda bisa jauh lebih hemat uang. Misalnya, pergi ke pantai dan di sana Anda tidak perlu membayar tiket masuk.

    Anda mungkin hanya dikenakan biaya parkir sebesar lima ribu rupiah jika membawa kendaraan sendiri. Bahkan, bisa gratis sepenuhnya jika Anda tidak membawa kendaraan.

    Jangan terkecoh dengan tempat liburan yang tiketnya mahal. Sebab belum tentu di dalamnya Anda mendapatkan kesenangan yang sesuai dengan harga tiketnya

    Mungkinkah Manfaatkan Cuti untuk Berlibur?

    Mungkin saja jika memang Anda belum pernah mengambil cuti. Umumnya ketika anak sedang berada dalam liburan panjang sekolah. Orang tua tidak bisa menemani mereka untuk berlibur. Bahkan, untuk main di rumah saja akan sangat sulit.

    Lalu, bagaimana caranya agar bisa liburan dengan anak-anak? Caranya adalah memanfaatkan long weekend atau mengambil cuti kerja. Cara ini memang terbilang cukup efektif dan bisa menjadi kejutan bagi anak-anak. Sebab Anda bisa mengisi waktu liburan mereka dengan bersama-sama. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memanfaatkan cuti sebaik mungkin dan jangan mengambil cuti jika memang tidak benar-benar dibutuhkan.

    Artikel ini kerja sama Republika.co.id dan Cermati.com.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES