Sunday, 6 Sya'ban 1439 / 22 April 2018

Sunday, 6 Sya'ban 1439 / 22 April 2018

Cara Sederhana Mengatur Keuangan Sehari-hari

Jumat 16 March 2018 05:58 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Mengatur manajemen aliran keuangan.

Mengatur manajemen aliran keuangan.

Foto: ist
Mengatur keuangan bisa dilakukan mulai dari diri sendiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengatur keuangan memang sebaiknya dilakukan, agar keadaan keuangan lebih tertata dan jelas arus keluar masuknya. Tidak hanya mengatur uang perusahaan, kita juga bisa mulai untuk mengatur keuangan dimulai dari pribadi sendiri.

Keadaan keuangan yang teratur juga dapat menjadi salah satu faktor berkembangnya bisnis. Walau begitu, mengatur keuangan tampaknya menjadi hal yang cukup merepotkan bagi sebagian orang.

Saat mengatur keuangan perusahaan, dalam skala besar, setidaknya kita harus menyimpan banyak kategori, transaksi, belum lagi harus bermain dengan banyak spreadsheets dan angka-angka. Tampaknya memang sangat memusingkan. Jika selama ini anda merasa gagal mengatur keuangan, sebenarnya bukan karena kesulitan tadi, melainkan tidak melakukan perubahan dalam mengatur keuangan, sehingga kurang bisa mengontrol semua pengeluaran dan pemasukan.

photo

Cara generasi milenial mengatur keuangan.

Berikut ini langkah mudah mengatur Keuangan :

Less is More

Ini berkaitan dengan memasukan kategori ke dalam laporan keuangan yang biasanya dilakukan agar laporan lebih jelas dan detail. Contohnya, anda biasa menuliskan biaya pengeluaran lain seperti langganan majalah, bensin, potong rambut, dan lainya.

Kategori ini sebenarnya tidak perlu dituliskan. Semakin sedikit kategori yang dituliskan dalam laporan keuangan, akan lebih baik. Disarankan untuk menetapkan kategori dengan jumlah 2 – 3 kategori saja.

Bersikap Realistis

Katakanlah saat ini anda sudah menghabiskan uang sebesar Rp 3 juta untuk kebutuhan sehari-hari, dan ingin mulai berhemat. Lalu langkah pertama yang harus dilakukan adalah berencana akan memotong pengeluaran bulan depan hingga Rp 1 juta, secara langsung.

Disarankan, anda tidak usah berhemat dengan cara spontan seperti itu. Cobalah untuk mengurangi uang hingga 10 persen untuk bulan depan, sekitar Rp 300 ribu akan Anda hemat dibulan depan. Ini mungkin perubahan kecil, tapi jika diperhatikan, kedepanya anda akan menambah angka prerentase hemat tersebut.

Tidak Mengerti Aplikasi Keuangan Terbaru

Saat ini, tersedia berbagai aplikasi di smartphone yang bisa membantu mengatur keuangan dengan lebih mudah. Namun, sebagian orang menemui kendala untuk menggunakan aplikasi seperti ini. Jika anda salah satunya yang kurang memahami tentang aplikasi di smartphone tersebut, cobalah kembali ke teknik lama. Cukup ambil catatan dan pulpen, lalu buatlah anggaran belanja. Jika cara ini dianggap lebih mudah, tidak perlu lagi harus menggunakan aplikasi khusus.

photo

Bagi anak kos, mengatur keuangan penting agar hidup sebulan bisa berjalan mulus.

Berkomunikasi dengan Keluarga

Untuk mengatur keuangan pribadi, jika memang sudah berkeluarga, anda perlu mengkomunikasikanya dengan keluarga. Tanyakan mengenai kebutuhan mereka dan apakah bisa dilakukan penghematan di dalamnya. Jika perlu, kumpulkan anggota keluarga dan lakukan rapat kecil untuk membahas pengaturan keuangan ini. Diskusikan semua penghematan yang akan dilakukan.

Atur Anggaran Belanja Tiap Bulan

Membuat anggaran belanja tiap bulan, akan membantu Anda dalam menerima informasi keuangan keluarga sendiri. Idealnya, buat anggaran belanja dalam dua kolom. Kolom pertama adalah uang yang akan dibelanjakan tiap bulanya, kolom kedua adalah uang yang sebenarnya digunakan.

Setelah itu lakukan evaluasi tiap bulan. Jika ada penyimpangan, maka akan terlihat jelas dan saat itu juga anda akan mencari solusi agar bisa mengatur keuangan dengan lebih efektif dan efisien.

Mulai dengan Membuat Anggaran Sederhana

Mungkin mengatur keuangan cukup sulit bagi Anda, karena anda selalu berpikir bahwa mengatur uang adalah hal yang rumit, membutuhkan banyak kertas, kalkulator dan juga rumus matematika khusus. Mengatur keuangan bisa dilakukan dengan sederhana, yaitu cukup membuat anggaran dari setiap pengeluaran yang ada. Anggaran ini hanya berupa catatan pengeluaran bersama dengan detail harganya. Mulailah mengatur uang dari catatan pengeluaran tersebut.

Artikel ini kerja sama Republika.co.id dan Cermati.com

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES