Tuesday, 4 Jumadil Akhir 1439 / 20 February 2018

Tuesday, 4 Jumadil Akhir 1439 / 20 February 2018

Jangan Gunakan Make-up Saat Olahraga, Ini Alasannya

Kamis 15 February 2018 03:36 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Winda Destiana Putri

makeup. Ilustrasi

makeup. Ilustrasi

Foto: Pixabay
Penggunaan riasan saat berolahraga dapat memberi dampak yang buruk.

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagian perempuan mungkin memilih untuk mengenakan sedikit riasan saat berolahraga agar tetap tampil prima, khususnya saat berolahraga di gym. Meski terlihat sepele, penggunaan riasan saat berolahraga dapat memberi dampak yang buruk terhadap kesehatan kulit.

Saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan keringat sebagai salah satu cara untuk mendinginkan suhu tubuh. Selain menjaga suhu tubuh, keringat yang dikeluarkan saat olahraga juga membantu proses pengeluaran kotoran dari dalam kulit. Penggunaan riasan, meski hanya lapisan tipis concealer, dapat membuat kotoran ini terhalang dan tidak bisa keluar dari kulit.

Direktur Medis dari London Doctors Clinic Dr Preethi Daniel mengatakan, keringat dan minyak alami kulit bisa terperangkap di dalam pori-pori kulit. Keringat dan minyak alami kulit yang terperangkap di dalam pori-pori akan memicu terjadinya pertumbuhan kuman yang berlebih, seperti bakteri Propionibacterium Acnes.

Ketika pori-pori terbuka saat berkeringat, apa pun yang berada di permukaan kulit juga akan ikut terperangkap ke dalam pori-pori. Beberapa hal yang mungkin terperangkap ke dalam pori-pori adalah lapisan riasan dan partikel polusi udara yang menempel pada permukaan kulit.

"Dan menyebabkan timbulnya jerawat," terang Daniel seperti dilansir NetDoctor.

Di sisi lain, penggunaan riasan saat berolahraga juga dapat membuat kulit tidak bisa bernapas. Daniel mengatakan, saat seseorang berolahraga, keringat perlu diuapkan keluar tubuh untuk mendinginkan tubuh sekaligus mengeluarkan kotoran. Jika hal ini tidak bisa dilakukan, miliaria atau benjolan kecil yang gatal maupun ruam panas mungkin saja timbul.

"Dengan tidak membiarkan (kulit bernapas), Anda memiliki kemungkinan lebih banyak untuk mengalami benjolan-benjolan kecil yang gatal ini," lanjut Daniel.

Oleh karena itu, Daniel sangat menyarankan para perempuan untuk membersihkan kulit wajah mereka dari riasan sebelum melakukan olahraga. Pembersihan ini bisa dilakukan dengan beragam produk pembersih riasan wajah. Tak lupa, tubuh dan wajah juga perlu dibersihkan kembali setelah olahraga agar tidak ada kotoran maupun keringat yang bersisa di wajah.

"Bersihkan semua keringat maupun residu kotoran alat-alat gym dari wajah Anda segera setelah selesai berolahraga di gym," terang Daniel.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES