Tuesday, 4 Jumadil Akhir 1439 / 20 February 2018

Tuesday, 4 Jumadil Akhir 1439 / 20 February 2018

Berniat Menjual Perhiasan Emas? Ikuti Cara-Cara Ini

Rabu 14 February 2018 05:58 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Pegawai menunjukan perhiasan emas di Toko Emas Cantik, Pasar Tebet, Jakarta, Jumat (9/10).

Pegawai menunjukan perhiasan emas di Toko Emas Cantik, Pasar Tebet, Jakarta, Jumat (9/10).

Foto: Republika/ Wihdan
Nilai penjualan perhiasan emas akan lebih tinggi dibandingkan emas batangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Investasi bisa berbagai macam bentuknya, salah satunya adalah investasi berupa perhiasan emas. Selain sebagai perhiasan bagi kaum hawa. Perhiasan emas juga bisa berfungsi sebagai investasi Anda. Karena sifat dari emas yang mudah untuk dicairkan. Emas mempunyai nilai yang berkembang dan pastinya mempunyai banyak keuntungan memilikinya.

Selain perhiasan banyak juga penyimpanan investasi dalam bentuk emas berupa batangan atau lempengan yang dijual oleh beberapa badan keuangan yang ada di Indonesia seperti Bank dan Pegadaian.

Nilai penjualan perhiasan emas akan lebih tinggi dibandingkan emas batangan, walaupun biasanya emas batangan memiliki kadar yang lebih baik daripada perhiasan. Akan tetapi, ornamen lain yang mengikat dan desain dari sebuah perhiasan juga bisa mempengaruhi dari harga beli dan jual bagi perhiasan emas.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat dan menjual perhiasan emas, agar mendapatkan hasil penjualan yang lebih baik:

photo

Pedagang menunjukan emas batangan di toko penjualan emas di Jakarta, Jumat (6/11).

Simpan Surat/Bukti Penjualan Emas

Tentunya toko emas tempat kita membeli emas akan mengeluarkan nota atau surat yang berisikan tentang karakteristik dari emas tersebut. Surat yang berisi tentang berapa jumlah karat dan berapa gram berat dari perhiasan tersebut. Biasanya kita sering lalai dan menghilangkan secarik info ini. Padahal dengan menyertakan surat resmi dari toko penjual akan menambah nilai harga jual dari perhiasan emas Anda.

Lakukan Pembandingan

Untuk menjual perhiasan emas, cobalah untuk melakukan survei ke beberapa toko emas lebih dari dua toko sebagai pembanding. Tanyakan berapa per gram harga emas saat ini dan berapa tafsiran toko pertama dan toko kedua dan seterusnya. Jangan terburu-buru menjual emas kepada satu toko saja. Karena beberapa oknum toko akan mematok harga terlalu rendah dari harga pasar, waspadai hal semacam ini.

Pasar Online sebagai Alternatif

Selain pasar emas konvensional pasar emas di dunia online perlu Anda coba. Akan tetapi waspadai dalam pengiriman apabila terjadi transaksi. Usahakan untuk menjual pada pasar online lokal Karena sistem cash on deliver akan lebih aman dibandingkan dengan pengiriman melalui paket. Pada pasar online juga bisa dilakukan survei berapa rata-rata atau harga yang bisa Anda perkirakan untuk menjual emas Anda.

photo

Calon pembeli memilih perhiasan emas di salah satu toko di Pusat Penjualan Emas Cikini, Jakarta, Ahad (23/6). (Republika/Aditya Pradana Putra)

Menjual kepada Kolektor

Apabila Anda mempunyai perhiasan yang mempunyai nilai sejarah, tidak ada salahnya mencoba menjual pada kolektor. Desain perhiasan yang klasik terkadang mempunyai nilai tersendiri bagi kolektor. Seorang kolektor tidak menilai perhiasan hanya dari nilai intrinsiknya saja melainkan juga nilai dari desain dan usia dari perhiasan itu.

Menjual pada Toko Tempat Membeli

Langkah ini adalah langkah yang bisa dibilang ampuh, langkah terakhir ini biasanya kita gunakan apabila kita berada atau dekat dengan toko tempat kita membeli perhiasan atau toko tersebut toko langganan kita. Biasanya toko tempat di mana perhiasan emas itu dijual akan membeli dengan harga tinggi daripada toko yang lainnya.

Tetapi harus diperhatikan, untuk menjual pada toko tempat perhiasan itu dijual Anda harus bisa menunjukkan bukti bahwa perhiasan yang kita beli berasal dari toko tersebut. Dengan menunjukkan surat resmi yang dikeluarkan toko pada saat Anda membeli. Oleh Karena itu simpanlah bukti ketika kita membeli perhiasan emas.

Pegadaian sebagai Alternatif Terbaik

Apabila Anda bingung mencari toko yang sesuai dan cocok. Apalagi kondisi Anda berada di luar kota atau anda pindah dari kota Anda, tentunya Anda akan kebingungan mencari toko mana yang baik dan tidak nakal dalam menafsirkan harga. Maka alternatif yang bisa diandalkan adalah Perum Pegadaian.

Badan umum negara ini sudah terpercaya dalam menerapkan harga jual dan beli emas. Mereka sudah mempunyai standar baku dalam menetapkan harga emas. Selain itu Anda juga hanya menggadaikan saja apabila Anda tidak ingin menjualnya. Semisal perhiasan Anda mempunyai nilai sejarah bagi Anda.

Pandai Memilih Penjual

Pandai memilih penjual emas dalam hal jual beli perhiasan emas adalah penting, kita bisa melihat toko emas dari reputasi toko emas itu dari rekan-rekan kita. Cobalah banyak menghimpun informasi sebagai referensi Anda apabila ingin menjual emas perhiasan Anda.

Artikel ini kerja sama Republika.co,id dan Cermati.com

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES