Selasa, 4 Jumadil Akhir 1439 / 20 Februari 2018

Selasa, 4 Jumadil Akhir 1439 / 20 Februari 2018

Tips Memilih Lokasi Strategis untuk Usaha

Selasa 13 Februari 2018 09:53 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Memilih lokasi usaha (ilustrasi).

Memilih lokasi usaha (ilustrasi).

Foto: ist
Lokasi usaha menjadi faktor penting terkait kelancaran bisnis yang dijalankan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi Anda yang ingin membuka bisnis atau usaha, tentunya banyak hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu. Mulai dari bentuk bisnis yang dijalankan hingga lokasi usaha yang akan digunakan.

Pemilihan lokasi usaha ini akan sangat mempengaruhi lancar atau tidak perjalanan usaha kedepannya. Pemilihan lokasi yang tidak tepat tentu akan membuat bisnis menjadi terhambat.

Untuk itu perlu dilakukan pemilihan lokasi yang tepat agar usaha Anda juga dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Namun beberapa orang terkadang masih bingung terhadap standar dan alasan yang tepat untuk memilih sebuah lokasi usaha.

Nah berikut ini kami tampilkan beberapa tips yang bisa membantu untuk memilih lokasi strategis untuk usaha Anda.

photo

Toko batik Tasik di Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (2/10).

Lokasi Mudah Terlihat

Faktor yang paling penting dalam memilih lokasi untuk dijadikan usaha adalah dengan memilih tempat yang mudah terlihat. Bila usaha Anda berada di lokasi yang mudah terlihat maka tentunya banyak perhatian yang menuju ke bisnis Anda. Selain itu, lokasi yang mudah terlihat juga akan sangat membantu dalam promosi bisnis Anda bahkan dapat menekan biaya promosi bisnis Anda.

Selain itu pilihlah lokasi usaha yang cukup strategis dengan aktivitas lalu lalang orang atau kendaraan. Dengan memilih lokasi usaha yang seperti ini tentunya akan menambah peluang bisnis Anda akan didatangi banyak pengunjung.

Dekat dengan Target Pasar

Pilihlah lokasi usaha yang dekat dengan target pasar dari bisnis Anda. Sebelumnya pastikan siapa saja yang menjadi target pasar Anda. Apakah kalangan umum atau kalangan-kalangan tertentu saja. Bila lokasi usaha dekat dengan target konsumen, maka menjadi nilai tambah tersendiri bagi bisnis Anda. Selain dapat menjangkau pasar lebih dekat, konsumen atau pelanggan juga akan lebih mudah mengunjungi usaha Anda serta dapat menghemat waktu.

Misalnya saja jika ingin membuka bisnis fotokopi dan alat-alat tulis, maka akan lebih baik jika menempatkan bisnis Anda berada di lokasi yang ramai seperti area perkantoran ataupun sekolah. Mengapa? Tentunya hal ini dikarenakan orang-orang yang berada di kawasan tersebut cukup ramai dan sering melakukan aktivitas yang berkaitan dengan bisnis fotokopi dan alat tulis yang dijalankan.

Biaya Membangun atau Sewa Tempat

Hal lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah masalah biaya bangun atau sewa tempat bisnis Anda. Bila memiliki budget untuk membangun lokasi usaha di tempat yang strategis, maka hal ini akan jauh lebih menguntungkan untuk Anda kedepannya. Hal ini dikarenakan, bangunan usaha yang dibuat dapat dijadikan sebagai investasi jangka panjang.

Namun bila dana yang dimiliki hanya cukup untuk menyewa, maka Anda akan mengeluarkan biaya sewa yang tidak sedikit terutama bila lokasi tersebut cukup strategis.

Untuk itu, perhitungkan dengan cermat hal-hal yang berkaitan mengenai sewsa sebelum menandatangani kontrak sewa tersebut. Pertimbangkan antara keuntungan yang didapat dengan biaya sewa yang harus dibayarkan. Untuk itu, perhitungkan dengan matang sebelum memutuskan menyewa lokasi usaha tersebut.

photo

Pengunjung memilih barang yang mendapat potongan harga di Mal Ciputra, Jakarta, Selasa (26/12).

Legalitas

Hal selanjutnya yang perlu dipikirkan ketika memilih lokasi usaha adalah mengenai legalitas dari lokasi tersebut. Jangan sampai mengabaikan hal ini karena akan berisiko bila terjadi masalah kedepannya. Legalitas yang dimaksudkan di sini adalah mengenai surat perizinan, kawasan dan lingkungan sekitar, serta regulasi.

Hindari memilih lokasi usaha yang memiliki masalah seperti sertifikat kepemilikan yang tidak jelas, berada di lokasi-lokasi yang tidak seharusnya dan lainnya. lokasi yang tidak memiliki legalitas yang jelas tentunya dapat berisiko penggusuran kedepannya. Sehingga sangat fatal bila mengabaikan faktor ini.

Lingkungan Sekitar

Jangan lupa untuk memperhatikan lingkungan sekitar dari lokasi yang dipilih. Hal ini dikarenakan lingkungan sekitar dapat menjadi pengaruh yang cukup besar terhadap image dari bisnis yang dijalankan. Secara tidak langsung, lingkungan sekitar dapat mempengaruhi minat dari kunjungan konsumen. Sehingga penting untuk mencari lokasi yang berada dalam lingkungan yang cukup baik.

Telitilah Sebelum Memilih Lokasi Usaha

Lokasi usaha memang menjadi faktor penting terkait kelancaran bisnis yang dijalankan. Dengan pemilihan lokasi yang tepat tentunya perkembangan bisnis Anda tidak akan terhambat bahkan dapat berkembang pesat. Untuk itu, telitilah dahulu sebelum memutuskan lokasi usaha Anda. Perhatikan faktor-faktor penting diatas untuk menentukan lokasi yang tepat untuk usaha yang dirintis.

Artikel ini kerja sama antara Republika.co.id dan Cermati.com

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES