Senin , 04 Desember 2017, 06:16 WIB

Jelang Harbolnas, Ini Tips Belanja Aman dan Nyaman

Rep: Melissa Riska Putri/ Red: Indira Rezkisari
Republika/Wihda Hidayat
Belanja online
Belanja online

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2017 menjadi hari yang ditunggu bagi para masyarakat. Namun banyak hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan belanja daring agar aman dan tetap nyaman.

Bukalapak sebagai perusahaan daring berbagi beberapa tips belanja online aman dan menyenangkan kepada masyarakat Indonesia. Tips belanja daring ini diambil dari beberapa hal yang sering menjadi kendala dalam belanja ataupun berdagang daring.

Beberapa tips tersebut antara lain:
1. Pastikan website yang diakses diawali Https, bukan http saja. Menggunakan website perusahaan niaga seperti Bukalapak menjadi cara cukup aman yang bisa dilakukan.

2. Jangan pernah memberikan data yang sifatnya rahasia kepada orang lain. Misalnya data seperti user name, password, OTP dan lain sebagainya.

VP Marketing Bukalapak Bayu Syerli mengatakan, hal tersebut untuk menghindari pencurian akun yang bisa saja disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

3. Abaikan apabila ada modus phising:
a. Modus proses transaksi
Modus ini biasanya terjadi saat melakukan transaksi. Oknum mengirimkan link phishing dan meminta pembeli untuk mengonfirmasi pesanan dengan cara mengklik link tersebut.

b. Modus mengatasnamakan admin
Oknum mengirimkan pesan yang berisi bahwa pembeli mendapatkan hadiah, promo, atau tawaran menggiurkan lainnya, dan meminta untuk meng-klik link yang diberikan.

c. Modus informasi palsu
Bayu melanjutkan, modus ini ditandai dengan adanya oknum yang mengirimkan informasi palsu dan meminta pembeli mengklik link yang diberikan.

4. Aktifkan Two-Factor Authentication (TFA) yaitu fitur yang diperuntukan mencegah jika ada penggunaan atau penyalahgunaan data penting dari device yang tidak dikenali.

Terakhir adalah mengunakan Payment System. Menurut Bayu, Payment System ini merupakan metode wajib untuk bertransaksi oleh setiap pembeli dan pelapak agar aman dari penipuan.

"Ada banyak keunggulan Payment System Bukalapak dibanding rekening bersama tradisional," katanya melalui siaran resmi, Ahad (3/12).

Beberapa keunggulan tersebut yakni lebih cepat. Sebab, pembeli dapat langsung membayar tanpa harus menghubungi penjual untuk sepakat menggunakan rekening bersama seperti yang dilakukan di forum jual beli.

Adanya notifikasi SMS. Nantinya, setelaj pembeli melunasi pembayaran maka secarareal-time lelapak mendapat SMS dari sistem Bukalapak untuk segera kirim barang. Tak seperti rekening bersama tradisional, kata dia, lewat Payment System Bukalapak pembeli dapat membayar lewat transfer bank.

Semua proses transaksi pun tercatat sistem sehingga kecil kemungkinan ada kesalahan. Sistem otomatis deteksi dan mengembalikan (refund) dana ke pembeli juga ada di Payment System Bukalapak, jika dalam tiga hari pedagang tidak mengirim barang.

Untuk diketahui, Harbolnas merupakan hari bagu para pembeli akan mendapatkan diskon untuk produk yang diinginkan serta para pedagang berkesempatan mempromosikan barang dagangannya.

Bayu berharap, melalui tips tersebut, masyarakat semakin cerdas dalam belanja dan berdagang daring. "Kami percaya bahwa transparansi penting untuk memastikan kepercayaan pengguna kami di Bukalapak," katanya.