Kamis , 23 November 2017, 02:49 WIB

9 Sudut Rumah yang Perlu Anda Bersihkan Setiap Hari

Rep: Dian Erika/ Red: Agung Sasongko
Tech radar
Teknologi di rumah. Ilustrasi
Teknologi di rumah. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah anda berpikir dapat menjauh dari penyedot debu sekitar dua pekan lamanya ? Mungkin hal ini mustahil terjadi. Dilansir dari bt.com, Kamis (23/11), ada sembilan sudut rumah yang harus anda jaga kebersihannya setiap hari.

JIka anda dapat meluangkan beberapa menit dalam sehari untuk membersihkan sudut-sudut itu, maka anda bisa menghemat pekerjaan di akhir pekan.

1. Permukaan dapur

Gumpalan bubur atau percikan susu dari sarapan pagi sudah jelas, tapi bagaimana dengan kuman yang mengintai di dapur yang tidak terlihat? Gunakan semprotan desinfektan untuk menghilangkan kotoran di permukaan dapur dan pastikan anda mengganti spons dan serbet secara teratur juga. Spons dan serbet adalah sarang bakteri.

2. Lorong Rumah

Lorong adalah bagian pertama yang anda lihat saat masuk dalam rumah. Jadi sangat wajar jika anda selalu menjaga kebersihannya. Luangkan beberapa menit untuk memasukkan kunci rumah ke dalam mangkuk, sepatu dan mantel yang rapi, sikat keset dan bersihkan daun atau batu yang menyilang melalui pintu akan memberi Anda lingkungan yang lebih tenang dan bebas stress.

3. Kamar mandi

Secara teratur buatlah jadwal dengan pasangan anda untuk melihat siapa yang akan membersihkan kamar mandi dan membersihkan bagian-bagian di dalamnya. Menggunakan semprotan pembersih shower setelah mandi akan menghemat waktu membersihkan kamar mandi. Selain itu,keringkan lantai kamar mandi setelah selesai digunakan.

4. Piring

Saat kita yang terlalu lelah atau sedang ingin menonton acara televisi favorit kita setelah makan malam, biasanya membiarkan peralatan masak kotor menumpuk. Sebaiknya selalu bilas piring anda untuk mencegah lengketnya makanan sisa pada piring setelah keesokan harinya.

5. Lantai Dapur

Kemungkinan ada remah-remah yang terjatuh sepanjang hari dan menarik ;perhatian tikus atau semut. Sebaiknya bersihkan lantai dapur setelah digunakan.

6. Tas Tangan

Jangan khawatir, kami tidak menyarankan pembersihan tas anda setiap malam. Meski demikian, sebaiknya anda sering rutin kuitansi-kuitansi lama dan juga remah-remah makanan yang mungkin tersisa. Bagian bawah tas anda juga membutuhkan perhatian khusus.

7. Lap dan Handuk Tangan

Setelah anda mencuci piring, cuci lap dan handuk tangan anda di mesin cuci. Dengan begitu, lap dan handuk tangan selalu bersih dari bakteri saat mencuci piring.

8. Tempat Cuci Piring

Selama ini, anda mungkin berpikir bahwa mencuci tempat cuci piring sambil mencuci tangan aman dilakukan. Namun, sebenarnya kebiasaan itu penuh dengan kuman. Cara yang tepat adalah jadi pasang penyumbat bak cuci piring, lalu isi dengan air panas. Setelah itu, anda dapat memercikkan cairan pemutih. Tinggalkan sebentar lalu tiriskan dan bersihkan hingga bersih.

9. Meja di samping tempat tidur

Meja di samping tempat tidur sebaiknya jangan tidak dibersihkan dalam waktu yang lama. Segera bersihkan dari debu dan sisa noda kopi harian anda.

Berita Terkait