Selasa , 24 October 2017, 05:51 WIB

Makanan Sehat Ini Cocok untuk Kesehatan Gigi

Rep: Novita Intan/ Red: Winda Destiana Putri
bostonglobe.com
Gigi sehat dan senyum cantik
Gigi sehat dan senyum cantik

REPUBLIKA.CO.ID, Kita sering memikirkan bagaimana menjaga berbagai bagian tubuh dalam kondisi prima. Semisal alpukat untuk kulit dan protein bercahaya untuk membangun otot.

Banyak dari kita sedikit memikirkan kesehatan mulut dengan menyikat gigi dua kali sehari dan flossing. Nutrisi gigi yang baik sangat penting, dan menurut seorang dokter gigi, sebagian orang berpendapat bahwa pasta gigi Anda tidak begitu penting.

Apa yang kita makan memainkan peran besar dalam menjaga gigi tetap sehat, dan dokter gigi Australia Dr Steven Lin telah mengungkapkan makanan mana yang harus dikonsumsi.

Anda mungkin akan terkejut dengan sarannya juga, mentega, keju lunak ternyata dianggap salah satu dari makanan yang dapat membuat gigi sehat.

Menulis di situsnya, Dr Lin menjelaskan bahwa banyak orang yang sikat gigi secara teratur tetap bertahan dengan rongga gigi biasa, sedangkan mereka yang melakukan perawatan gigi sepertinya tidak pernah memiliki masalah gigi?Bagaimana itu bisa terjadi? Semuanya bermuara pada diet.

"Gigi adalah organ hidup dan membutuhkan nutrisi yang tepat untuk menumbuhkan dan menjaga kadar enamel dan dentin yang sehat," Dr. Lin seperti dilansir dari laman, The Independent

Dan tanpa nutrisi yang tepat, gigi akan berjuang untuk tetap utuh. Jika Anda mengkonsumsi cukup vitamin dan mineral, gigi secara alami akan beregenerasi, tetap kuat dan sehat.

Tapi jika Anda tidak memberi makan tubuh dengan nutrisi yang tepat, bakteri dan asam di mulut menghalangi proses alami ini, yang menyebabkan gigi cepat rusak sebelum waktunya.

"Bukan hanya gula saja yang menyebabkan rongga, itu kekurangan nutrisi yang memperkuat gigi," kata Dr Lin. 

Jadi apa yang harus kamu makan?

Intinya semuanya bermuara pada empat vitamin yang larut dalam lemak antara lain A, D, K2, dan E. Berikut adalah sumber yang baik dari masing-masing.

* Vitamin A: hati sapi, ikan, susu, dan telur.

* Vitamin D: ikan berlemak, jamur dan produk susu yang diberi makan rumput.

* Vitamin K2: keju lunak, telur, mentega, hati dan salami.

* Vitamin E: bayam, brokoli dan kacang-kacangan.

Dengan diet seimbang dan bergizi, Anda akan menjaga gigi tetap bersih, tubuh sehat serta kulit bercahaya.