Jumat , 20 October 2017, 08:36 WIB

Berhenti Salahkan Diri atas Keputusan Keliru

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Yudha Manggala P Putra
yupedia.com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap manusia di dunia pasti pernah berbuat kesalahan. Semua orang pernah mengambil pilihan keliru dalam hidup. Tapi, bagaimana cara Anda menangani keputusan salah itu setelahnya?

Tak perlu terus menyalahkan diri sendiri, sebab hal yang sudah terjadi tak akan pernah kembali. Cobalah beberapa gagasan di bawah ini untuk membuat Anda tetap melangkah maju alias move on, dilansir dari Womanitely, Jumat (20/10).

1. Evaluasi situasi
Pertama, perhatikan baik-baik pilihan yang telah Anda buat. Pikirkan apa alasan pertama kali mengambil keputusan tersebut, dan pikirkan apa yang perlu dilakukan sekarang untuk memperbaiki hal itu.

Jika solusi yang diperlukan adalah Anda harus minta maaf atau menelan ludah sendiri, tak perlu gengsi, lakukan. Jika membutuhkan usaha tambahan untuk memperbaiki ini dan itu, maka berkomitmen melakukannya mulai dari sekarang. Jika hal itu tetap tak bisa memperbaiki keputusan pertama Anda, maka biarkan dan tetap lanjut ke langkah berikutnya.

2. Masukkan semua ke dalam perspektif
Agar berhenti menyalahkan diri sendiri atas kesalahan yang dibuat, Anda perlu memasukkan semuanya ke dalam sebuah perspektif. Jika tidak bisa melihat jelas apa perspektifnya, minta seseorang membantu Anda dan mengarahkan ke perspektif yang benar supaya bisa tetap maju.

Ajukan pertanyaan berikut saat mencoba segala sesuatu. Apa akibat dari keputusan yang saya ambil? Siapa saja yang terimbas? Apa yang perlu saya pertimbangkan sekarang? Apa yang perlu saya lakukan sekarang? Apakah saya memerlukan bantuan orang lain, atau saya bisa melakukannya sendiri?

3. Ubah cara berpikir
Satu-satunya cara Anda bisa belajar dari kesalahan dan mengubahnya menjadi pengalaman positif adalah mengubah cara berpikir. Sebuah keputusan salah tidak bisa diperbaiki dalam semalam. Ini membutuhkan waktu dan latihan untuk mengubah cara berpikir.

Alih-alih berfokus pada akibat buruk dari keputusan, pikirkan apa yang dapat Anda lakukan untuk membuat segalanya menjadi lebih baik atau lebih benar, dan kemudian, lakukan.

4. Ubah perilaku
Anda tidak bisa maju jika tidak mengubah perilaku saat ini. Dengan begitu, ketika menghadapi situasi yang memiliki potensi membuat keputusan salah, Anda tetap bisa logis mengatakan 'tidak' dengan percaya diri karena mengetahui sudah melakukan hal benar.

5. Belajar dari pengalaman dan move on
Ketika seseorang menyalahkan dirinya terus, tidak ada pelajaran yang bisa dipetik darinya. Jika Anda ingin berhenti, belajar dari kesalahan dan berjanji terus maju di jalan benar.

Tidak mudah mematahkan kebiasaan lama, terutama saat terpukul akibat kesalahan sendiri. Tapi, Anda bisa melakukannya seiring berjalannya waktu dan berkomitmen berubah.

Percaya dirilah. Ketahui Anda setidaknya sudah mencoba sebuah keputusan sekali seumur hidup. Kemudian, tetap melangkah ke depan dan rayakan keberhasilan menjadi teman terbaik untuk diri sendiri ketimbang memusuhi diri sendiri.

Berita Terkait