Jumat , 20 October 2017, 05:02 WIB

Hindari Kebosanan Ruang Sempit dengan Warna Tepat

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Flickr
Ragam warna cat rumah.
Ragam warna cat rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tinggal di kota besar dan padat biasanya tidak jauh dari hunian berukuran sempit. Salah satu yang menjadi pilihan adalah tinggal di apartemen atau rumah susun yang hanya terdiri dari satu kamar tidur dan kamar mandi.

Jika tidak bisa menyiasatinya, rasa bosan tinggal di dalam ruangan sempit selama bertahun-tahun bisa saja menghampiri. Salah satu cara yang bisa dilakukan penghuni adalah dengan pemilihan warna cat ruangan.

Dalam memilih warna ruangan, menurut Kansai Paint GlobalColor Ambassador Claire Bond, pencahayaan alami adalah kompenen penting yang harus dipertimbangkan. Ruangan yang cukup atau kurang terkena cahaya matahari memberikan pengaruh tersendiri terhadap nuansa warna yang dihasilkan.

Untuk ruangan sempit yang kurang terpapar cahaya matahari, Claire menyarankan penggunaan warna pastel yang memberi kesan ringan dan terangseperti nuansa biru lembut atau hijau lembut. "Ini akan memberi kesan luas pada ruangan. Selain itu, pilihan warnanya juga tidak membuat bosan," ujar Claire.

Sementara untuk ruangan yang cukup terpapar cahaya matahari, penghuni bisa lebih bebas bermain warna bahkan mengaplikasikan warna berani dan tegas. Contoh warna yang cocok untuk ruangan ini adalah kombinasi dusty pink dan hijau zaitun. Dengan begitu ruangan akan terasa lebih hidup dan dinamis.