Selasa , 17 October 2017, 08:20 WIB

7 Kunci untuk Jadi Pengusaha

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Yudha Manggala P Putra
manchestereveningnews.co.uk
Wanita pengusaha (enterpreneur). Ilustrasi
Wanita pengusaha (enterpreneur). Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda tengah mempertimbangkan menekuni bisnis atau menjadi pengusaha? Tujuh saran yang dirangkum dari 300 lebih wanita pemilik usaha kecil di Amerika Serikat (AS) mungkin bisa jadi acuan.

Apa saja? Berikut tujuh kunci menjadi pengusaha dari mereka yang berpengalaman seperti dilansir Forbes, Senin (16/10):

1. Jangan takut salah
Bersiaplah membuat banyak kesalahan. Namun jangan lupa, kesalahan tersebut adalah suatu hal yang harus dijadikan pelajaran.

Pemilik usaha bakery Karen Moran menyadari jika semua orang bisa saja membuat kesalahan,"Belajarlah dari kesalahan dan beradaptasi dengan sangat cepat," katanya.

2. Jangan remehkan passion
Tahu mengapa menjadi kunci bagi para wanita untuk mencemplungkan diri pada bisnis. Mengetahui seberapa penting usaha tersebut agar membuat Anda serius dalam menjalaninya, termasuk mengetahui apakah itu sejalan dengan hasrat (passion) Anda. Pendiri Horatio Printing Polly Payne-Willoughby mengatakan, tanpa passion, impian menjadi pengusaha justru menjadi beban dan akan terbengkalai.

3. Tidak mengabaikan detail
Beth McRae menyarankan agar para wanita muda berusaha sekuat mungkin untuk mewujudkan mimpi mereka sebagai pengusaha. Tapi, penting untuk dapat bertahan mengatasi siklus bisnis dan adanya biaya tak terduga yang bisa saja muncul tiba-tiba.

4. Bagikan pengetahuan
Tidak ada salahnya berbagi pengetahuan dengan orang lain. Begitu juga sebaliknya, sebagai wanita yang ingin memiliki usaha mandiri penting untuk mengisi dirinya dengan berbagai informasi dan pengetahuan.

5. Terlibat komunitas
Berteman dengan sesama pemilik usaha kecil salah satu cara mendapat dukungan dan keuntungan saling menolong. Katie Augsburger yang memiliki usaha sebagai konsultan menyadari betul adanya manfaat dari persaudaraan dalam komunitas tersebut.

"Jadi bagi wanita yang mungkin takut mengambil langkah pertama, ketahuilan bahwa ada banyak wanita di luar sana yang bersedia memberi nasehat dan bantuan untuk Anda," ujar dia.

6. Tidak sendirian
Anda butuh pegawai, terutama jika ada banyak hal yang harus dikerjakan. Bayangkan jika Anda adalah pengusaha rumah makan, apa bisa Anda memasak, melayani dan bertindak sebagai kasir pada saat bersamaan?

Dengan adanya pekerja, produktivitas bahkan bisa lebih melejit sementara Anda memiliki keseimbangan dalam menjalankan bagian pekerjaan yang lain.

7. Total
Saran dari Leslie Wyman tampaknya perlu dicamkan dengan baik oleh para wanita. Anda harus total dalam berusaha, dan mengerahkan semua yang dipunya. Meski begitu, jangan juga sampai mengabaikan keluarga. "Jika saya di rumah bersama keluarga saya, saya akan mematikan sel kerja saya," kata Leslie.