Kamis , 21 September 2017, 14:46 WIB

Cermat Memilih Furnitur Rumah

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Esthi Maharani
Republika/Prayogi
Memilih perabotan rumah tangga.
Memilih perabotan rumah tangga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki rumah yang nyaman tidak cukup hanya dilihat dari segi fisik rumah yang besar atau luas. Pemilihan furnitur menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan untuk membuat pemiliknya nyaman saat berada di rumah.

Menurut architec dan interior desainer dari Fabelio Senayan City Showroom, Alfin Heryawan, hal pertama yang harus diperhatikan saat memilih furnitur adalah menyesuaikan skala dan proporsi furnitur dengan ruangan yang akan diisi.

"Jangan sampai memilih furnitur dengan ukuran besar padahal sebenarnya ruangan kecil sehingga kesannya ruangan itu sangat sempit," ujar Alfin, Rabu (20/9), di Jakarta.

Ketahui ukuran ruangan dan furnitur secara detail. Detail ruangan yang perlu diukur yaitu panjang ruangan dari pintu masuk sampai dinding paling belakang serta tinggi dinding.

Kemudian, pilih furnitur berdasarkan fungsi dan kebutuhan pemilik rumah. Alfin mengatakan kebutuhan furnitur setiap rumah berbeda tergantung aktivitas penghuninya. Misal, orang yang sering berada di rumah kebutuhan furniturnya akan berbeda dengan mereka yang lebih sering berada di luar ruangan.

Menurut Alfin, kesalahan yang sering dilakukan orang Indonesia saat memilih furnitur adalah mereka lebih mengutamakan style dari pada kegunaannya. Selain itu, banyak juga yang memilih furnitur berdasarkan pada referensi di media sosial tanpa memikirkan kebutuhan si pengguna itu sendiri.

Jika ingin melayout ruangan secara keseluruhan, Alfin menyarankan pemilik rumah untuk membeli furnitur terlebih dahulu baru kemudian pemilihan warna cat mengikuti tema furnitur. "Ini cara paling mudah untuk melayout ruangan, kalau gak cocok yang diganti tinggal cat-nya saja, gak perlu sampai ganti furnitur," kata alfin.