Senin , 18 September 2017, 09:01 WIB

Hal yang Perlu Diwaspadai Ketika Makan Pepaya

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Indira Rezkisari
ist
Pepaya
Pepaya

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak orang yang suka pepaya. Beberapa orang menambahkan pepaya ke dalam campuran salad dan ada pula yang membuat jus pepaya untuk detoksifikasi. Pepaya memiliki khasiat untuk kesehatan dan berfungsi sebagai antibakteri dan antijamur.

Daun pepaya juga kerap digunakan untuk mengatasi demam berdarah. Meski kaya manfaat, ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi pepaya seperti dikutip dari Times of India.

Pepaya sebagai buah memiliki banyak manfaat. Namun, biji dan akarnya dapat menyebabkan aborsi. Pepaya yang belum matang juga bisa memicu kontraksi pada ibu hamil.

Terlalu banyak memakan pepaya juga tidak baik untuk kesehatan kerongkongan. Hindari mengonsumsi lebih dari segelas jus pepaya dalam sehari.

Daun pepaya memiliki komponen papain. Hal itu bisa menjadi racun untuk bayi dan bahkan menyebabkan kelainan pada saat lahir.

Pepaya juga berkhasiat untuk menurunkan gula darah. Jika Anda menggunakan obat untuk mengendalikan kadar gula darah, mengonsumsi pepaya justru bisa berbahaya.

Ekstrak biji pepaya juga bisa menurunkan tingkat kesuburan laki-laki. Biji pepaya dapat menurunkan jumlah sperma.