Ahad , 13 Agustus 2017, 10:54 WIB

Ingin Pakaian Tetap Awet? Begini Cara Mencucinya

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nur Aini
pixabay
Cucian baju
Cucian baju

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- Mencuci pakaian seolah jadi hal biasa yang bisa dilakukan tanpa berpikir. Padahal, ada trik tertentu yang bisa membantu menyelesaikan rutinitas secara efisien sekaligus membuat pakaian lebih awet, dilansir dari laman Good to Know.

- Serbet di mesin pengering

Pakar manajemen rumah asal Australia Shannon Lush memberikan tips mudah agar pakaian kering tiga kali lebih cepat. Caranya, dengan memasukkan serbet bersih dalam tumpukan pakaian yang sedang dalam tahap pengeringan di mesin cuci agar prosesnya lebih efektif.

- Sampo dan air hangat

Pakaian yang menyusut akibat sering dicuci bisa kembali ke ukuran semula dengan merendamnya dengan sampo bayi dan air hangat. Tapi, kiat yang dibagikan blogger Jill Nystul ini tidak berlaku pada pakaian wol, jadi berhati-hatilah sebelum mencuci pakaian favorit.

- Deterjen secukupnya

Survei oleh laman Glotechrepairs menunjukkan bahwa sepertiga warga Inggris menggunakan terlalu banyak deterjen saat mencuci. Tinggalkan kebiasaan ini karena terlalu banyak pemakaian sabun cuci membuat mesin cuci bekerja lebih berat dan kurang membersihkan dengan sempurna.

- Suhu tepat

Pencucian pada suhu 30 derajat efektif untuk sebagian besar pakaian dan dapat menghemat energi sekitar 40 persen. Perusahaan laundry Persil mengatakan, pakaian gelap dan berbahan wol lebih baik dicuci dalam suhu lebih dingin dan dalam mode cuci cepat.

- Tidak mengucek berlebihan

Sebuah penelitian menyebutkan, mengucek atau menggosok noda pakaian sekeras mungkin malah akan mendorongnya lebih jauh ke dalam serat kain. Sebagai gantinya, oleskan penghilang noda khusus untuk menembus area yang terkena dampak tanpa menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

- Bersihkan mesin cuci

Pembersihan berkala akan menghindarkan mesin cuci dari bau dan tumbuhnya jamur. Begitu pula mesin pengering yang harus selalu dibilas menyeluruh di tiap bagiannya setelah pemakaian agar perangkat yang sangat membantu ini bisa lebih awet.