Kamis , 10 Agustus 2017, 10:11 WIB

Trik Berhijab untuk Pemilik Wajah Bulat

Rep: Novita Intan/ Red: Indira Rezkisari
Republika/Mahmud Muhyidin
Kenali bentuk wajah agar bisa memilih model hijab yang sesuai.
Kenali bentuk wajah agar bisa memilih model hijab yang sesuai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wanita dengan bentuk muka bulat mungkin kerap merasa kesulitan menata gaya dirinya. Faktanya, tidak semua hijab itu cocok dipakai pada salah satu bentuk wajah.

Pertumbuhan mode busana Muslimah yang amat cepat dan kreatif serta semakin modern memang membuka alternatif yang sangat variatif dan fleksibel agar penampilan terlihat lebih menarik. Sehingga alternatif ragam hijab pun mudah ditemukan untuk semua bentuk wajah, termasuk bulat.

Desainer Dian Pelangi mengatakan model kerudung untuk wajah bulat merupakan salah satu pilihan kreatif agar penampilan terlihat lebih modis. Ada banyak jenis kerudung yang bisa dipilih berdasarkan atau sesuai dengan bentuk wajahnya.

"Bentuk wajah bulat kalau bisa jangan pakai dalaman hijab. Usahakan bagian pipi itu tertutup. Jadi bentuk kerudungnya, oval ke atas," ujar Dian di Jakarta.

Sementara untuk wanita berwajah persegi juga perlu berhati-hati dan menghindari pemakaian dalaman hijab atau ciput model ninja dan Turki. Sebaiknya memakai hijab yang bisa membuat wajah terlihat panjang. Misalnya, hijab berbahan paris maupun katun tanpa menggunakan ciput, di mana hijab dikenakan dengan cara sederhana untuk menutupi bagian pipi yang tembam atau bentuk pipi persegi.

Selain itu, pemilihan warna juga penting. Menurutnya, warna pastel dan monokrom sangat cocok untuk dua bentuk wajah ini. Sedangkan motifnya, sebaiknya pilih yang netral.

Dari sisi riasan, apabila wajah bulat dan persegi ingin tetap mengenakan ciput, Dian menyarankan melakukan shading pada bagian pipi. Lalu pakai hijab yang tidak terlalu mengekspos bagian pipi.

"Disiasati dengan pakai make-up, bisa shading bagian pipi kalau memang mau pakai itu (dalaman ninja atau Turki)," katanya.