Rabu , 09 August 2017, 07:42 WIB

Empat Keuntungan Menyimpan Buah dan Sayur Beku

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Pexels
Sayur beku
Sayur beku

REPUBLIKA.CO.ID, Buah dan sayur paling baik dibeli dan dikonsumsi dalam keadaan segar. Meski begitu, membeli buah dan sayur dalam keadaan beku juga dapat memberi keuntungan tersendiri.

Ahli gizi Cynthia Sass mengatakan pembelian buah dan sayur beku dapat membantu meningkatkan asupan buah dan sayur sesuai rekomendasi lima porsi sehari. Hal ibi diketahui Sass melalui observasi yang ia lakukan terhadap para kliennya.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang kerap membeli buah dan sayur beku cenderung mengonsunsi buah dan sayur lebih banyak dibanding orang-orang yang tidak terbiasa menyetok buah dan sayur beku. Orang-orang yang terbiasa memiliki simpanan buah dan sayur beku juga cenderung memiliki massa indeks tubuh (MIT) yang lebih rendah serta konsumsi kalium, serat, kalsium dan vitamin D yang lebih banyak.

"Temuan ini masuk akal bagi saya karena alasan bahwa produk beku dapat dikonsumsi dengan lebih mudah," kata Sass seperti dilansir laman Health.

Selain tak perlu dicuci, dikupas ataupun dipotong, buah atau sayuran beku juga cenderung lebih tahan lama. Tak hanya itu, penelitian yang dilakukan oleh Leatherhead Food Research dan University of Chester juga menunjukkan bahwa kandubgan nutrisi pada buah dan sayur beku tidak berbeda dengan buah dan sayur yang disimpan di kulkas biasa selama tiga hari.

"Untuk semua kenyamanan (buah dan sayur beku) ini, Anda tidak 'mengorbankan' nutrisi apapun," tambah Sass.

Keuntungan lainnya adalah buah dan sayur beku memiliki harga yang lebih murah. Bahkan untuk sayuran hijau beku harga jualnya bisa setengah kali lebih rendah dibandingkan sayuran hijau biasa.

Sass menegaskan bahwa ia tak bermaksud untuk menyarankan agar semua orang beralih dari sayur dan buah segar ke sayur dan buah beku. Sass mengatakan sayur dan buah beku hanya salah satu alternatif dalam menjaga agar asupan sayur dan buah sesuai rekomendasi yaitu lima porsi per hari. Oleh karena itu, konsumsi sayur dan buah segar juga boleh dipilih jika asupan lima porsi sayur dan buah per hari tetap terjaga.

"Anggap produk beku ini sebagai pelengkap dari makanan segar," terang Sass.

Sass membagi enam cara menikmati buah dan sayur beku dengan lebih nikmat. Salah satu caranya, buah beku seperti cherry ataupun berry bisa dicampur dengan sayuran hijau beku untuk dijadikan smoothie.

Sayuran beku juga bisa diolah dengan cara ditumis dalam kaldu sayur rendah sodium. Tumisan ini bisa dicampur dengan bawang putih, herbal maupun rempah. Tumisan sayur ini bisa disajikan sebagai pendamping hidangan daging.

Sayuran beku juga bisa dikukus terlebih dahulu sebelum diolah dengan campuran lain. Beberapa campuran tersebut di antaranya pesto dan tapenade zaitun.

Membuat sop sayur dari sayuran beku juga cukup mudah dilakukan. Cukup tumis sayuran beku di dalam panci kecil bersama dengan minyak zaitun, bawang putih dan rempah. Setelahnya, tambahkan kaldu dan biarkan rebusan hingga mendidih. Setelah mendidih kecilkan api dan biarkan masakan selama 10 menit. Sajian ini bisa dihidangkan bersama kacabg-kacangan, kacang polong maupun buncis.

Buah beku juga bisa diolah menjadi hidangan lezat dan mudah. Cukup keluarkan buah beku dari freezer dan diamkan buah tersebut dalam suhu ruangan sampai tekstur buah kembali normal. Campur buah dengan oatmeal, yogurt serta salad kemudian masak campuran tersebut sebelum dihidangkan.

Buah cherry, berry atau perdik beku juga bisa ditumis dengan air lemon dan jahe segar. Setelahnya, taburkan remahan kacang almond yang telah dicampur kayu manis, sirup maple serta oat sebagai taburan.