Senin , 17 Juli 2017, 12:19 WIB

Cara Atasi Ketakutan Naik Pesawat

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Time
Pesawat terbang
Pesawat terbang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Laporan khusus NBC News menyatakan, lebih dari 20 juta orang menderita aviophobia atau takut terbang. Lepas landas, pendaratan, dan setiap kebisingan dan benturan di udara bisa membuat orang cemas saat bepergian.

Namun, ada satu trik yang bisa membantu Anda tetap tenang saat terjadi turbulensi. Cukup ambil saja pulpen dan kertas dan tuliskan nama Anda berulang-ulang. Caranya dengan melakukannya dengan tangan nondominan Anda.

Cara tersebut terungkap dari uji coba pada koresponden Today Show Jeff Rossen dan produser Jovanna Billington. Mereka mencoba melakukan tes di Air Hollywood, bandara buatan yang melayani pengambilan gambar untuk film.

Billington menyatakan jika dia memiliki ketakutan terbang dan dengan mengaplikasikan trik tersebut ternyata cukup ampuh. Tidak menggunakan tangan dominan menarik fokus seseorang dari lingkungan sekitar dan mengganggu pola pikir normal.

Jika cara tersebut tidak cukup membantu cobalah trik lain, seperti bernafas menggunakan sedotan. Cara itu dapat membantu Anda untuk menghindari hiperventilasi atau bernafas secara berlebihan dan tidak teratur, dikutip dari Travelandleisure, Senin (17/7).