Kamis , 06 Juli 2017, 20:40 WIB

Ini Cara Perhiasan Perak Tetap Awet

Red: Esthi Maharani
Republika/ Yasin Habibi
Warga negara asing melihat perhiasan perak yang dijual di salah satu toko di Ubud, Bali, Jumat (10/10). (Republika/ Yasin Habibi)
Warga negara asing melihat perhiasan perak yang dijual di salah satu toko di Ubud, Bali, Jumat (10/10). (Republika/ Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, Perhiasan perak bisa kehilangan kemilaunya bila tak dirawat secara benar. Saat terkena air kilau perak bisa hilang karena reaksi yang terjadi saat bersentuhan dengan polutan dan udara. Jika ingin perhiasan perak Anda tetap awet seperti saat Anda membelinya, simak tips berikut seperti diungkapkan Direktur sekaligus CEO salah satu merek perhiasaan di India, Anuradha Ramam dan Tarang Arora.

1. Jauhkan dari air
Lepaskan perhiasan Anda sebelum mandi atau bahkan sebelum mencuci tangan dan tentunya hindari memakai perhiasan keluar rumah saat sedang hujan.

2. Hindari pembersih cairan
Cairan pembersih bisa menyebabkan kekusaman pada perhiasan kesayangan Anda, bahkan cairan khusus perak. Cairan pembersih perak bisa merusak lapisan anti-noda dan patina berharga yang dimiliki perak. Bila perlu bawa perhiasan Anda ke pembersih perak profesional atau perhiasan Anda agar bisa ditangani secara tepat, sehingga kilau, kecemerlangan dan fleksibilitasnya tetap terjaga.

3. Simpan di tempat khusus
Penting untuk menyimpan perak secara benar. Sebaiknya simpanlah di kotak tersendiri perhiasan perak Anda. Sebelumnya lapisi dinding kantung atau kotak dengan kapas tipis, atau bisa juga kain katun. Pastikan wadah yang digunakan tahan lembap dan tidak mudah terpapar udara dan cahaya.

4. Ada ramuan sederhana yang bisa digunakan
Sabun dan air: Bisa gunakan sabun pencuci piring ringan atau sabun bebas fosfat dengan air suam-suam kuku sebagai pilihan pertama Anda untuk membersihkan perhiasan Anda.

Minyak zaitun dan jus lemon: Campur setengah cangkir jus lemon dengan satu sendok teh minyak zaitun dalam mangkuk. Ambil kain kecil, lalu celupkan kain ke dalam larutan dan peras. Setelah itu poles, bilas dan keringkan perak Anda. Demikian seperti dilansir Indian Express.

Sumber : antara