Ahad , 18 June 2017, 17:41 WIB

5 Manfaat Air Garam Laut

Rep: DWINA AGUSTIN/ Red: Indira Rezkisari
pixabay
Garam
Garam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Garam tidak hanya bermanfat untuk penambah rasa ketika Anda memasak. Kegunaan garam yang dicampurkan air ternyata tidak sekadar pemberi rasa asin saja.

Air asin yang dihasilkan garam laut masih menjadi bagian penting dari banyak rutinitas kecantikan. Mulai dari meredakan sakit eksim hingga membuat kulit Anda semakin halus.

Air garam memiliki mineral sehat dan ramah lingkungan seperti magnesium, kalsium, dan potasium. Kandungan tersebut bermanfaat untuk berbagai kondisi kulit, seperti menyerap racun di dalam tubuh dan kulit termasuk bakteri penyebab jerawat juga mengobati infeksi.

Di samping itu, kelembaban alami garam dapat membantu mengatur kelebihan produksi minyak pada kulit. Ditambah lagi, air garam memiliki kekuatan pengelupasan. Mineral di dalamnya membantu membuka pori-pori untuk membersihkan lebih dalam dan meningkatkan aliran darah, sehingga memungkinkan kulit menyerap pelembab.

Selain untuk kecantikan, campuran garam laut di air dapar mempercepat proses penyembuhan. Magnesium tidak hanya meredakan gatal, tapi juga menarik kelembaban dari bakteri penyebab eksim dan jamur untuk menghambat perkembangannya.

Air garam pun dapat digunakan sebagai obat kumur untuk membantu membersihkan gusi dan meminimalkan bau mulut. Racikan itu juga dapat menyembuhkan masalah mulut seperti radang gusi dan halitosis, dan menenangkan rasa sakit dan iritasi.

Untuk menghasilkan ramuan yang ampuh, cukup campurkan garam laut dengan air hangat dalam gelas berkumur di sekitar mulut selama 30-60 detik seperti sedang menggunakan obat kumur.

Jika Anda merasakan sakit pada otot, air garam pun sangat ampun untuk digunakan. Larutan garam laut merupakn cara alami dan murah untuk meredakan sakit otot, dikutip dari Times of India, Ahad (18/6).