Senin , 12 June 2017, 18:59 WIB

Cara Mudah Mendapat Penghasilan Tambahan Lewat Internet

Red: Gita Amanda
Dailymail
Memanfaatkan internet untuk menambah penghasilan (Ilustrasi)
Memanfaatkan internet untuk menambah penghasilan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Saat ini banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang tambahan. Seiring dengan kemajuan zaman, penggunaan teknologi dan internet sangat memudahkan pekerjaan manusia. Hal ini juga berlaku ketika ingin mendapatkan uang tambahan.

Anda bisa memanfaatkan keberadaaan internet untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Nah, berikut ini ada beberapa cara mudah yang dapat membantu anda mendapat penghasilan tambahan melalui internet.

1. Mengikuti survei

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang tambahan adalah dengan mengikuti survei-survei di internet. Saat ini banyak situs-situs yang meminta bantuan untuk mengisi survei yang ada di dalam situs tersebut. Biasanya situs-situs tersebut merupakan situs belanja online atau menguji sebuah produk. Situs-situs tersebut biasanya meminta anda untuk mengisi survei lalu dibayar untuk jasa tersebut.

Cara ini dapat membuat anda menghasilkan uang tambahan dengan cara yang mudah, tanpa perlu menghabiskan banyak tenaga dan waktu. Situs-situs yang menawarkan survei tersebut biasanya adalah MySurvey, iPoll, dan masih banyak lainnya.

2. Pengujian situs

Selain mengikuti survei, anda juga bisa mendapatkan uang tambahan dengan mudah melalui pengujian situs-situs. Yang perlu dilakukan adalah meninjau situs-situs baru atau yang akan datang. Biasanya situs-situs tersebut menawarkan kepada orang-orang untuk menguji dan memberikan pendapat atau komentar yang jujur mengenai situs tersebut. Setiap misi atau tugas yang diberikan, sangat diharapkan untuk dapat dikerjakan kurang dari satu jam saja. Anda tak perlu khawatir dengan tugas-tugas sulit yang ada karena pekerjaan ini hanya untuk meninjau situs sesuai dengan skill Anda.

3. Menguji game online

Bagi yang gemar dengan game, anda bisa menggunakan cara ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Saat ini banyak aplikasi-aplikasi yang menawarkan uang tunai, salah satunya yaitu Showbox. Aplikasi ini menawarkan bagi pengguna smartphone untuk mendapatkan uang tunai melalui pengujian game gratis dan tentunya sangat menyenangkan.

Setiap hari, Showbox akan memberikan rekomendasi game-game baru setiap harinya. Sehingga anda bisa memainkan dan sekaligus mendapat poin. Poin inilah yang nantinya bisa dicairkan menjadi uang tunai melalui Netflix, Amazon Gift Card ataupun Paypall. Cara ini sangat menarik, karena anda tak hanya mendapatkan uang saja namun bisa dijadikan sebagai media hiburan pelepas stres.

4. Mengunggah dan menjual foto

Cara lainnya yang dapat dilakukan memiliki penghasilan tambahan adalah dengan mengunggah dan menjual foto-foto melalui internet. Bila memiliki hobi fotografi, hal ini tentunya sangat menyenangkan. Bahkan tak hanya foto saja, anda juga bisa mengunggah video, ilustrasi dan lainnya ke situs-situs tertentu seperti iStockphoto untuk mendapatkan uang tambahan. Meskipun mudah, namun uang yang dihasilkan akan sangat menguntungkan.

Ada pula beberapa situs yang memberikan kesempatan bagi anda untuk mendapatkan uang tambahan dengan hanya memamerkan gambar-gambar yang diperoleh. Cara ini tentu sangat disenangi bagi orang yang memang memiliki hobi fotografi. Tak hanya dapat menyalurkan hobi saja namun juga dapat membuat Anda menghasilkan uang tambahan.

5. Belanja online

Saat ini banyak situs-situs belanja online yang dapat digunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menjual barang-barang ataupun membeli barang di situs tersebut lalu menjualnya kepada orang lain dengan harga yang tinggi. Anda juga dapat membandingkan harga-harga suatu barang hanya dengan melihat dan mencari barang tersebut melalui situs-situs jual beli online untuk mendapatkan keuntungan. Anda hanya perlu memahami tentang cara membeli dan menjual untuk memperoleh keuntungan.

6. Membuka jasa kursus online

Anda bisa memanfaatkan skill yang dimiliki untuk membuka jasa kursus online. Caranya pun sangat mudah, Anda hanya perlu membuat materi-materi yang terkait lalu dibentuk dalam produk digital seperti video, audio, maupun e-book. Anda bisa meluangkan waktu sesuai dengan kesibukan yang ada. Anda bisa mempromosikan jasa kursus ini untuk membangun reputasi agar makin banyak dikenal oleh orang-orang.

7. Manfaatkan Tiap Kesempatan Yang Ada

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan. Manfaatkan setiap kesempatan yang ada dan skill yang dimiliki untuk mendapatkan uang tambahan melalui internet.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia