Selasa , 21 March 2017, 08:15 WIB

Cara Mudah Kuasai Bahasa Asing dalam Keseharian

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Esthi Maharani
activetalk.com.my
Anak-anak belajar bahasa Inggris/ilustrasi
Anak-anak belajar bahasa Inggris/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belajar bahasa asing sangat menarik, seperti membuka pintu kemana saja. Jika Anda pergi ke negara lain, kemudian tak bisa berbicara bahasa lokal, Anda bisa saja menggunakan gerakan tangan atau bahasa tubuh lainnya. Namun, kemampuan berbicara kosakata bahasa lain sesungguhnya memberi keuntungan besar bagi Anda.

Berikut cara mengintegrasikan bahasa asing dalam kehidupan sehari-hari, hingga Anda mahir menggunakannya, dilansir dari Womanitely.

1. Tulis beberapa kosakata berguna
Cara terbaik memastikan Anda memulai pelajaran adalah menuliskannya dalam buku kecil atau notebook. Ini membantu Anda mengingat apa yang mungkin terlupa, atau saat Anda membutuhkan bantuan untuk mengingat beberapa kata.

Jika perlu, Anda bisa membuat beberapa kutipan untuk referensi di lain waktu. Dengan buku dan pena di tangan, seluruh pikiran Anda bisa dituangkan.

2. Ucapkan
Trik ini adalalah cara terjitu mengiintegrasikan kemampuan bahasa asing dalam kehidupan sehari-hari. Anda bisa mempraktikkannya langsung di kelas atau di rumah. Duolingo membantu menjaga kemampuan berbahasa asing Anda supaya tetap segar di ingatan.

Anda juga bisa menggunakan laptop dengan cara mengetik kosakata yang Anda hapal, kemudian memeriksa ejaannya sudah benar atau belum. Anda bisa mengaksesnya setiap saat.

3. Dekat dengan bahasa
Dekat di sini artinya Anda bisa berkunjung langsung ke negara yang menggunakan bahasa tersebut, atau bergaul dengan orang-orang yang berasal dari negara tersebut. Jika Anda ingin menguasai bahasa Jepang, Anda bisa pergi ke Jepang atau berteman dengan orang-orang Jepang.

Cara lainnya adalah Anda bisa mengajukan beasiswa untuk kuliah di negara yang bersangkuran. Saat ini banyak lembaga yang menyediakan beasiswa pendidikan ke berbagai negara.

4. Ubah beberapa pengaturan
Anda bisa mempelajari bahasa asing dengan cara sederhana, misalnya mengubah beberapa pengaturan bahasa pada layar kecil, seperti laptop dan ponsel. Ini karena sebagian besar waktu Anda terkait dengan gadget. Anda bisa menghabiskan sebagian waktu dengan perangkat bahasa di elektronik yang Anda pilih.

Ini akan membantu Anda akrab dengan bahasa tersebut dan berlatih membaca juga. Membaca adalah metode utama praktik bahasa.

5. Jadikan bahasa keseharian
Manfaatkan waktu Anda dengan kegiatan multitasking, misalnya menghabiskan 20 menit atau dua jam sehari untuk belajar bahasa asing yang Anda pilih. Anda bisa mengenakan headphone, mendengarkan lagu, audio, atau menonton film berbahasa asing yang Anda pilih.