Selasa , 21 March 2017, 00:16 WIB

Bangun di Tengah Malam dan Sulit Tertidur Kembali?

Rep: Qommaria Rostanti/ Red: Agung Sasongko
pixabay
Pria tertidur/ilustrasi
Pria tertidur/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian dari Anda mungkin sering terbangun di tengah malam sulit tertidur kembali. Terkadang, hal itu cukup menjengkelkan mengingat tubuh belum mendapatkan waktu cukup untuk beristirahat. 

Bagi siapa saja yang mengalaminya, ada beberapa tips yang patut dicoba. Seperti dilansir dari situs www.joe.ie, Senin (20/3), apabila kesulitan tidur kembali, sebaiknya beranjaklah dari kasur Anda. Jangan hanya terus-menerus berbaring di tempat tidur dengan mata terbuka.

Pasalnya hal itu bisa membuat Anda emosi dan bertanya-tanya mengapa Anda terjaga di tengah malam. Lambat laun perasaan itu justru membuat kemungkinan Anda tertidur kembali sangat kecil. 

Apabila ingin tidur, Anda harus menghindari otak agar tidak khawatir dan stres. Hal terbaik yang dapat dilakukan adalah berhenti berpikir bahwa Anda hanya memiliki sisa waktu tidur tiga jam. Alihkan pikiran tersebut ke hal lain, misalnya membaca buku. Namun pastikan cahaya tidak terlalu silau saat membaca buku. 

Dengan mengikuti tips tersebut, Anda diyakini akan lebih mudah tertidur kembali. Cara ini juga dapat dipraktikkan oleh penderita insomnia.