Kamis 19 Oct 2017 07:52 WIB

Waktu Tidur yang Ideal Bisa Bakar Lemak Secara Alami

Rep: Novita Intan/ Red: Indira Rezkisari
Menurunkan berat badan.
Foto: pixabay
Menurunkan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apa cara terbaik menurunkan berat badan? Jika Anda mengatakan diet dan olahraga, Anda berada di jalur yang benar. Tapi ternyata, ada metode super efektif untuk membakar lemak, dan Anda sudah melakukannya setiap hari.

Sebenarnya, kunci membakar lemak sangat mudah sehingga Anda bisa melakukannya dalam tidur.

"Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan kebanyakan orang (ketika mencoba menurunkan berat badan) adalah tidak cukup tidur," Shawn Arent, direktur Pusat Kesehatan dan Kinerja Manusia di Universitas Rutgers, dilansir dari laman Reader's Digest.

Menurut National Sleep Foundation, tubuh memperbaiki dirinya sendiri dengan melepaskan hormon pertumbuhan saat Anda tidur. Hormon tersebut merangsang sintesis otot dan protein, serta proses pemecahan lemak yang disebut lipolisis.

Penelitian menunjukkan bahwa hanya mendapatkan tidur empat atau lima jam semalam dapat menyebabkan obesitas. Lemak perut pun otomatis menumpuk, tidak terbakar.

Solusinya? Idealnya, Anda harus tidur tujuh sampai sembilan jam per malam agar tubuh Anda tetap membakar lemak saat Anda tidur.

"Tujuh sampai sembilan jam tampaknya menjadi kerangka waktu yang cukup konsisten untuk mendapatkan perbaikan terbaik dan di mana kita memiliki hubungan paling sedikit dengan obesitas," kata Arent.

National Sleep Foundation umumnya merekomendasikan agar orang dewasa tidur selama tujuh sampai sembilan jam setiap malam, untuk bangun segar dan waspada di hari ke depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement