Jumat , 17 February 2017, 15:37 WIB

Tips Memilih Mitra Bisnis

Red: Indira Rezkisari
Pixabay
Mitra bisnis
Mitra bisnis

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam memulai suatu bisnis, selain menyiapkan modal, meneguhkan niat, mengatur sistem, menyiapkan produk, dan menyusun rencana usaha yang matang, memilih mitra usaha yang tepat juga merupakan kunci penting yang menentukan kesuksesan suatu bisnis. Selain dapat bersama-sama membagi modal sehingga modal yang dikeluarkan lebih ringan, mitra bisnis juga bermanfaat untuk dapat saling bertukar pikiran serta bersama-sama memaksimalkan kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing pihak untuk memajukan bisnis tersebut.

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memilih mitra bisnis yang tepat:

Memilih mitra yang saling melengkapi
Tujuan dari menggandeng mitra bisnis adalah agar bisnis yang dijalankan dapat makin baik dan meningkat. Untuk itu, tentu Anda harus mencari mitra bisnis yang dapat saling melengkapi sehingga dapat menutupi kekurangan Anda. Misalnya bila Anda menguasai cara pembuatan kue namun minim pengalaman dan pengetahuan dalam marketing, maka dapat menggandeng mitra yang memang ahli dan berpengalaman dalam bidang penjualan. Sehingga kombinasi Anda dan mitra akan menghasilkan bisnis yang mempunyai produk kue yang berkualitas dan mempunyai jangkauan pemasaran yang efektif untuk menjangkau pelanggan.

Memahami kekuatan dan kelemahan
Anda dapat melakukan analisa dengan membuat catatan mengenai kekuatan dan kelemahan yang Anda miliki. Kemudian dapat mencari mitra yang dapat menutupi kelemahan tersebut. Tentu saja calon mitra juga mempunyai kelemahan, maka coba catat dan evaluasilah kelemahannya, dan coba pelajari apakah Anda dapat menutupi kelemahannya tersebut. Bila hal ini dapat dijalankan, maka Anda dan mitra merupakan kombinasi yang cukup tepat.

Mencari mitra yang kredibel
Menjalankan bisnis merupakan suatu proyek jangka panjang, sehingga Anda harus benar-benar memilih mitra yang tepat agar bisnis Anda dapat bertahan dalam jangka panjang. Selain melihat dari kemampuan yang dimiliki, Anda juga harus melihat rekam jejak untuk memastikan bahwa calon mitra Anda adalah pihak yang kredibel dan dapat dipercaya. Pastikan bahwa Ia memang bertanggung jawab dan memiliki komitmen, sehingga dapat menjalankan tugas dan bisnis dengan sungguh-sungguh.

Membuat perjanjian kemitraan
Setelah memilih mitra yang tepat, maka Anda harus membuat perjanjian kemitraan yang tepat pula. Meskipun Anda memilih mitra dari teman yang sudah cukup dikenal, namun jangan segan untuk membuat perjanjian ini karena bagaimanapun hubungan kerja sama harus dilakukan dengan jelas dan profesional. Hal ini untuk menghindari adanya konflik di kemudian hari, sehingga justru berguna untuk menjaga hubungan persahabatan antara Anda dan teman.

Apalagi bila mitra bisnis adalah orang yang benar-benar baru dikenal, maka perjanjian wajib untuk dibuat dengan jelas. Pastikan Anda dan mitra membuat perjanjian tertulis yang jelas mengenai posisi, kewajiban, hak, dan tugas masing-masing dengan detail. Cantumkan pula cara pembagian keuntungan dan kerugian, serta hal-hal lain berkaitan dengan teknis operasional perusahaan. Semakin jelas perjanjian yang dibuat, maka Anda dan mitra akan mempunyai gambaran yang lebih jelas mengenai bagaimana bisnis tersebut akan dijalankan.

Menjaga kode etik
Selain perjanjian tertulis yang sudah dibuat, hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah menjaga etika dalam bekerja sama. Etika ini memang tidak tertulis, namun sangat penting untuk menjaga kelangsungan usaha Anda. Etika ini termasuk cara berkomunikasi, kejujuran, dan juga kekompakan dalam menjalankan usaha. Bila Anda dan mitra saling menjunjung etika, maka akan tercipta hubungan yang kuat dan saling percaya, sehingga lebih mudah dalam menjalankan bisnis.

Bersiap melepas kontrol usaha
Bagi yang berbisnis bersama mitra, maka tentu harus bersiap untuk menerima bahwa Anda tidak sepenuhnya dapat mengontrol perusahaan tersebut sesuka hati karena harus mendiskusikan dengan mitra. Anda juga harus memberikan kepercayaan sehingga mitra juga dapat leluasa dan mempunyai kesempatan untuk ikut mengembangkan usaha.

Mencari Mitra Bisnis Harus Cermat
Mendapatkan mitra yang sesuai memang tidak mudah, namun sebaiknya pilih dengan cermat agar dapat menjalankan bisnis dengan baik. Hal lain yang perlu diingat adalah Anda juga harus menjadi orang yang baik dan bertanggung jawab pula, sehingga akan makin mudah menarik orang yang berkualitas dan kredibel untuk menjadi mitra Anda.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia