Sabtu, 5 Sya'ban 1439 / 21 April 2018

Sabtu, 5 Sya'ban 1439 / 21 April 2018

Tips Tetap Jadi Teman Baik Meski Super Sibuk

Sabtu 23 April 2016 07:36 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri

Persahabatan

Persahabatan

Foto: ist

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persahabatan adalah hadiah tak ternilai yang membuat hidup lebih bewarna, lebih mudah, dan lebih bahagia. Sayangnya, zaman modern saat ini membuat seseorang tak pernah punya waktu untuk berteman. Hidup mereka penuh dengan kesibukan dan konsumerisme.

Anda tentunya memiliki sahabat sejati, namun sering lupa memberi perhatian dan waktu untuk mereka. ROLers, tidak peduli seberapa sibuk Anda, jangan abaikan cinta dan persahabatan.

Jika tidak, hidup menjadi kehilangan maknanya. Baca terus tips berikut supaya Anda menemukan cara menjaga persahabatan di tengah kesibukan Anda, dilansir dari Womanitely, belum lama ini.

Hindari persahabatan kodependen

Hubungan kodependen adalah ketika Anda terlalu bergantung pada seseorang, termasuk pasangan atau sahabat. Anda tak bisa melakukan apa-apa tanpa mereka.

Hubungan kodependen ini sering memicu perkelahian, salah paham, kecemburuan, bahkan kebencian jika salah satunya berbuat tak seperti biasanya.

Kodependen membuat sahabat menuntut sahabatnya terlalu tinggi. Jika Anda ingin menjalani persahabatan yang baik, maka bersahabatlah sebagaimana mestinya.

Jangan atasi masalah sendiri

Banyak orang memilih menyelesaikan masalahnya sendiri dan tidak memberi ruang bagi sahabatnya memberikan sekadar saran atau kenyamanan bercerita. Tidak adanya komunikasi antarsahabat adalah tanda tidak hormat.

Jika Anda sedang melalui masa-masa gelap, maka biarkan sahabat Anda mengetahuinya. Mereka mungkin bisa memberi uluran tangan, menenangkan suasana hati, bahkan mengurangi depresi yang Anda alami.

Jangan ingkar janji

Moralitas sangat penting dalam persahabatan. Jangan menyakiti perasaan sahabat dengan melanggar janji-janji yang Anda buat sendiri.

Misalnya, Anda menolak panggilan sahabat Anda di telepon dan berjanji akan meneleponnya kembali. Lakukan itu setelah Anda ada waktu luang. Jika tidak, sahabat Anda akan berkesimpulan Anda tak peduli lagi dengannya.

Perhatian sederhana

Perhatian sederhana adalah kebutuhan alami setiap orang, Anda juga sahabat. Jika Anda selalu sibuk, setiap kali Anda melakukan perbuatan baik, ingatlah keluarga dan teman-teman Anda.

Perhatian sederhana, misalnya mengabari teman bahwa Anda baru saja terlibat dalam aksi kemanusiaan dan berharap lain waktu bisa melakukannya bersama mereka adalah cara untuk menunjukkan cinta dan hormat pada sahabat sendiri.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA