Kamis , 11 January 2018, 16:47 WIB

Indonesia Ikut Pameran Pariwisata di Belanda

Red: Dwi Murdaningsih
Republika/Sapto Andiko Condro
Pemerintah menawarkan potensi kawasan Mandeh di Pesisir Selatan, Sumatra Barat kepada investor dari 15 negara. Mandeh kerap disebut sebagai Raja Ampat-nya Sumatra.
Pemerintah menawarkan potensi kawasan Mandeh di Pesisir Selatan, Sumatra Barat kepada investor dari 15 negara. Mandeh kerap disebut sebagai Raja Ampat-nya Sumatra.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia mengawali promosi pariwisata 2018 dengan berpartisipasi dalam pameran pariwisata Vakantiebeurs yang diselenggarakan di Jaarbeurs, Utrecht, Belanda pada 9-14 Januari 2018. Hal itu disampaikan dalam keterangan pers dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag.

Pada pameran Vakantiebeurs 2018 itu Kementerian Pariwisata RI menggandeng berbagai industri pariwisata yang terdiri atas 11 agen perjalanan dan operator tur, lima hotel, Garuda Indonesia, perwakilan Pemerintah Provinsi Maluku, barista, dan juga tim kesenian.
Paviliun Indonesia yang menempati lahan seluas 140 meter persegi menampilkan berbagai kegiatan, antara lain lokakarya media, pertemuan bisnis, pertukaran perjalanan (travel exchange), pelayanan informasi pariwisata, coffee dan mixologist corner, pertunjukan kesenian serta kampanye promosi wisata Indonesia.

Untuk pameran kali ini, Kementerian pariwisata RI menampilkan objek-objek pariwisata baru dari berbagai provinsi di Indonesia yang memiliki potensi besar untuk menjadi tujuan wisata favorit baru bagi masyarakat Belanda maupun Eropa. Promosi tempat-tempat wisata baru Indonesia itu tidak hanya dilakukan oleh Kementerian Pariwisata, perwakilan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Maluku, namun juga oleh banyak agen perjalanan dan operator tur Belanda yang memandang Indonesia sebagai tujuan wisata yang unik, menarik, dan memiliki pangsa pasar yang menjanjikan.

Pameran Vakantiebeurs 2018 diawali dengan sesi sarapan bersama dengan Walikota Utrecht, Jan van Zanen, dengan mengundang para duta besar dari negara-negara peserta.
Duta Besar RI untuk Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja, hadir dalam jamuan makan pagi tersebut dan sekaligus meninjau Paviliun Indonesia.

Vakantiebeurs adalah ajang pameran pariwisata tahunan di Belanda yang diikuti oleh berbagai negara dan diselenggarakan atas kerja sama antara Jaarbeurs, Vakantiebeurs, VIV Europe, dan City of Utrecht untuk menampilkan produk dan objek liburan dan pariwisata. Pameran itu merupakan salah satu pameran pariwisata paling bergengsi di dunia dan terbesar di kawasan Benelux di mana para pengunjung dapat memperoleh informasi terbaru mengenai tren perjalanan, tempat-tempat liburan terbaru, dan juga tips-tips saat mengunjungi tujuan wisata favorit para wisatawan.

Vakantiebuers 2018 juga diliput oleh sekitar 100 media dari berbagai negara dan travel bloggers.
Partisipasi Indonesia tahun ini dalam Vakantiebuers diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia, termasuk wisatawan dari Belanda, agar target 20 juta wisman berkunjung ke Indonesia pada 2019 dapat tercapai.

Sumber : antara