Ahad , 07 January 2018, 22:25 WIB

5.000 Buah Disiapkan di Festival Durian Bintan

Red: Dwi Murdaningsih
Buah durian
Buah durian

REPUBLIKA.CO.ID, BINTAN -- Ribuan wisatawan baik domestik maupun mancanegara ikut memeriahkan Festival Durian Bintan 2018 di Bentan Berkapur, Ahad (7/1). Bupati Bintan Apri Sujadi beserta jajarannya berbaur dengan wisatawan menikmati beraneka jenis durian.

"Sejak akhir tahun 2017 panen durian di sejumlah desa di Bintan. Ini menarik perhatian warga lokal dan wisatawan, sehingga kami menggelar acara," ujarnya.

Beberapa tahun lalu, kegiatan yang sama juga dilaksanakan dengan nama Pesta Durian Bintan. Awal tahun ini, kegiatan berbau kepariwisataan yang sama diselenggarakan. Pemerintah Bintan menyiapkan sebanyak 5.000 buah durian. Ribuan pengunjung yang berasal dari Kota Batam , Kota Tanjungpinang, Karimun, dan Kota Pekanbaru menikmati durian dengan aneka rasa.

Bahkan, wisatawan yang berasal dari Malaysia dan Singapura ikut menyambangi lokasi Festival Durian di Lapangan Bola Bintan Bekapur, Gunung Bintan, Desa Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan. Kabupaten Bintan memiliki durian dengan cita rasa yang khas dan tidak kalah dengan durian musang king dari Malaysia dan Singapura

Kehadiran wisatawan tidak hanya menguntungkan pemilik kebun durian, melainkan juga para pengusaha perhotelan, restoran, pedagang makanan siap saji dan pengelola objek wisata di Lagoi dan Pantai Trikora.

"Festival Durian sebagai pemicu kunjungan wisatawan yang berdampak positif pada sektor pariwisata. Saya berharap agar Agenda Festival Durian Bintan hendaknya bisa dijadikan agenda rutin setiap tahunnya," ucapnya.

Apri mengatakan Pemerintah Bintan saat ini fokus pada peningkatan infrastruktur pariwisata. Menurutnya, pada 2017 saja, angka kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bintan berkisar 300 ribu orang.

"Ini artinya jumlah wisatawan yang datang ke Kabupaten Bintan sudah dua kali lipat dari jumlah penduduk Kabupaten Bintan," ucapnya.

Beberapa sektor penunjang pariwisata saat ini masih dibangun. Bintan Buyu, pusat pemerintahan Bintan termasuk Kampung Tua yang akan dilestarikan.

"Kami juga sedang mengusahakan agar Bandara Busung bisa menjadi bandara komersial sehingga pintu masuk wisatawan ke Bintan terbuka lebar," ujarnya.

Ketua Panitia Pelaksana Festival Durian Bintan 2018, Muhammad Ali mengatakan selain menampilkan bazar durian, panitia juga menampilkan berbagai kreasi olahan dari durian. Menurutnya, Festival Durian Bintan 2018 setidaknya menghadirkan 10 jenis durian Bintan yakni gempa bumi, kucing Tidur, es krim, tembaga, mentega, jantung, telur, daun, kembar dua, bantal guling, dan raja asmara.

"Selama ini masyarakat hanya mengenal durian tembaga, padahal Bintan memiliki banyak jenis durian dengan cita rasa tersendiri," katanya.

Sumber : antara