Rabu , 20 September 2017, 15:30 WIB

Lewat INACEB, Kemenpar Kejar Rangking di Industri MICE

Red: Dwi Murdaningsih
Antara/Andreas Fitri Atmoko
Pengunjung mengamati karya seni rupa yang dipamerkan dalam pameran seni rupa bertajuk
Pengunjung mengamati karya seni rupa yang dipamerkan dalam pameran seni rupa bertajuk

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Kementrian Pariwisata menggelar sosialiasi Indonesia Convention and Exhibition Bereau (INACEB) 19-20 September. Pemerintah daerah, bersama 100 pelaku industri meetings, incentives, conferences, dan exhibitions (MICE), GM hotel, asosiasi, akademisi dan media, diajak bersama-sama meningkatkan daya saing. Semua diajak kerja bareng menjadikan Indonesia memenangkan persaingan dengan negara lain di industri MICE.

“Banyak yang belum tahu apa itu INACEB. Padahal INACEB adalah solusi. Wadah untuk memecahkan persoalan industri MICE dan meningkatkan daya saing destinasi MICE berbasis sumber daya daerah. Sosialiasasi ini solusinya. Semua kami kenalkan dengan INACEB. Kami ajak menjadi yang terbaik dan tercepat di level internasional lewat wadah yang mengurus MICE secara khusus,” ujar Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuti.
 
Di Yogyakarta, industri juga diajak melakukan benchmark. Diajak melihat apa yang telah, sedang dan akan dilakukan oleh lawan. Setelah itu, mengkomparansinya dengan yang sudah dilakukan Indonesia. Saat ini, saingan terberat wilayah regional wisata MICE Indonesia datang dari Malaysia dan Thailand. Dan kekuatan terbesar dua negara itu lahir dari lembaga khusus yang mengurusi MICE. 
 
Sekedar gambaran, Malaysia punya Malaysia Convention and Exhibition Bureau (MYCEB). Sedangkan Thailand punya Thailand Convention & Exhibition Bureau (TCEB). Dua lembaga itu sama-sama intens mengelola MICE di negaranya masing-masing. 
 
“Sejak Maret 2016 sebetulnya kita juga punya lembaga khusus seperti MYCEB dan TCEB. Namanya INACEB. Tapi banyak yang belum tahu. Sekarang kami sosialisasikan INACEB ini kemana-mana agar semuanya bergerak dalam alur yang sama,” kata dia.
 
Nuansa sosialisanya pun tak ubahnya seperti latihan perang. Semua di drive untuk memunculkan sense of urgency, dan motivasi yang membakar semangat dalam mewujudkan visi 2019. Lantas mengapa harus ngotot menggelar sosialisasi INACEB di Yogyakarta?
 
Alasan pertama, Yogyakarta memiliki potensi mendatangkan turis mancanegara dalam jumlah besar. Presiden ke 44 Amerika Serikat sampai dibuat terpana dengan culture, nature dan kulinernya saat berlibur ke Yogyakarta, beberapa waktu lalu. 
 
Yang kedua, fasilitas penunjang MICE di Yogyakarta sangat lengkap. Standarnya pun sudah banyak yang internasional dan mampu menampung peserta dalam jumlah yang banyak. Cerminannya bisa dilihat dari terus naiknya kunjungan MICE ke Yogyakarta. Dari data Dinas Pariwisata Provinsi DIY, di 2015 baru tercatat 11.377 even MICE dengan 841.711 peserta. 
 
Tahun 2016, angkanya naik menjadi 14.069 even MICE dengan jumlah peserta mencapai 951.527 orang. Dan untuk 2017, sampai periode Juli, sudah ada 8.652 even MICE dengan 645.272 peserta. “Jadi sosialisasi di Yogyakarta ini sudah sangat pas. Angka pertumbuhan kunjungan wisatawan MICE di atas 25 persen. Potensinya sangat besar,” kata Kadispar DIY Aris Rianta.
 
Yang perlu dikejar sekarang tinggal memperkuat MICE di Indonesia. Menaikkan rangking global sehingga punya nilai jual dan bisa memenangkan bidding internasional. “Itu sebabnya sosialisasi INACEB ini digelar. Misinya memberikan info bahwa sekarang ada loh lembaga yang ngurus MICE. 
 
Saat ini pemangku kementingan mengejar perbaikan rangking Indonesia dalam ICCA Ranking Asia Pacific dari posisi ke 12 di tahun 2014, 76 kegiatan MICE menjadi posisi ke 8 di tahun 2019 dengan 150 kegiatan MICE. "Kami juga ingin mendorong peningkatan posisi kota-kota di Indonesia dalam Ranking ICCA sehingga masuk dalam 30 besar dunia,” sambung Vice Secretary INACEB Ndang Mawardi. 
 
Respon positif pun langsung terlihat. Semua jadi punya gambaran jelas bahwa INACEB bisa memberikan layanan terkait kebutuhan konvensi, pameran dan bisnis. Bisa ikut dilibatkan dalam promosi yang mendatangkan event MICE bagi destinasi.
 
Menteri Pariwisata Arief Yahya optimistis INACEB bisa membawa wisata MICE Indonesia makin mendunia. “Wisata MICE harus diperkuat lewat lembaga khusus yang mengurusi itu. Wisatawan MICE datang dalam jumlah yang sangat besar dan bisa berkunjung saat low season. Dampak ekonominya tujuh kali lipat lebih besar dibandingkan wisatawan leisure. Jadi INACEB sangat penting bagi industri hotel yang tingkat huniannya sering melorot,” ujar Arief Yahya.
 
Setelah sosialisasi, Menpar meminta INACEB menggenjot internalnya untuk bekerja lebih cepat. Menpar menyarankan tiga poin yang harus dilaksanakan dengan segera agar MICE makin meningkat. "Produk harus bagus, top ten originasi dengan mendata mana saja yang berpotensi. Dan menangkan bidding, loby sejak sekarang agar MICE meningkat dan kita menjadi pemenang dari sebuah acara besar," ujarnya.
Sumber : Kemenpar