Sabtu , 20 May 2017, 08:09 WIB

Wisata Halal Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Muslim ke Indonesia

Rep: Muhyiddin/ Red: Angga Indrawan
Republika/Mardiah
Ilustrasi Wisata Halal. (Republika/Mardiah)
Ilustrasi Wisata Halal. (Republika/Mardiah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Halal (P3H) Kementerian Pariwisata RI Riyanto Sofyan mengatakan, sejak pemerintah mencanangkan wisata halal, pertumbuhan wisatawan muslim mancanegara yang datang ke Indonesia terus mengalami peningkatan.

"Alhamdulillah sejak kita mencanangkan wisata halal, wisatawan muslim sudah meningkat sekitar rata-rata tiga tahun terakhir sekitar 15,5 persen," ujarnya saat menjadi keynote speaker dalam acara Awart Forum Travel Partner Indonesia (FTPI) di Jakarta, Jumat (19/5).

Ia menuturkan, pada 2016 ada sekitar 2,7 juta wisatawan musim manca negara yang masuk ke Indonesia. Jika dibandingkan dengan tahun 2015, kata dia, jumlah tersebut meningkat sekitar 19 persen.

"Jadi kalau kita bicara wisata halal yang utama jangan bicara yang outbound tapi yang inbound atau yang masuk ke Indonesia," ucapnya.

Menurut Sofyan, konsep wisata halal juga sudah cukup familiar di Indonesia bahwa persiapan makanan maupun minuman harus terjamin kehalalannya dan juga tesertifikasi. Kemudian, fasilitas untuk bersuci dengan air di hotel-hotel tempat wisata juga harus tersedia.

"Kemudian memudahkan fasilitas yang memudahkan  untuk ibadah dan produk atau jasa semua objek wisata sesuai dengan gaya hidup halal," katanya.