Kamis , 18 May 2017, 17:26 WIB

Wow, Toilet Bandara Sepinggan Dipenuhi Lukisan 3D

Red: Gita Amanda
Angkasa Pura I
Toilet tiga dimensi (3D) yang terdapat di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan.
Toilet tiga dimensi (3D) yang terdapat di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan.

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Tak perlu jauh-jauh ke Trick Eye Museum di Singapura atau terbang ke Magic Eye 3D di Thailand untuk melihat dan berfoto di gambar-gambar tiga dimensi. Toilet Bandara Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, kini dilengkapi gambar-gambar yang menampilkan ilusi tiga dimensi tersebut.

Menanggapi hal itu Menteri Pariwisata Arief Yahya juga sering menjadi sasaran "omelan" publik terkait fasilitas toilet bersih di destinasi wisata mengatakan, kenyamanan dan kebersihan oilet merupakan hal yang sangat penting. Sebab menurutnya selama ini banyak orang kerap mengalamatkan kritikan soal toilet ke Kementerian Pariwisata.

"Ini penting sekali! Semua orang langsung mengalamatkan problem toilet ini ke Kemenpar, karena berada di destinasi wisata. Karena itu, tolong bersih saja tidak cukup, harus wangi, kering, sehat, estetik dan fungsional," kata Arief melalui siaran persnya, Kamis (18/5). 

Padahal menurut Arief para pengelola toilet umum semestinya bisa melakukan perawatan dengan baik. Sebab selama ini pengguna toilet kerap dibebankan biaya penggunaan toilet sebesar kurang lebih Rp 2.000. "Syaratnya harus dikelola dengan semangat corporation. Jangan diserahkan kepada pemerintah daerah (Pemda) untuk mengelola dan merawatnya, sudah pasti ujung-ujungnya tidak terawat juga," kata Arief. 

Soal toilet unik ini, banyak contoh di dunia yang juga menarik menurut Arief. Di Wina, Austria misalnya ada toilet yang didesain dengan pernak-pernik musik klasik bahkan terdapat piano di dalamnya. Pengunjung toilet pun dapat menikmati alunan musik klasik. "Di Bandara Balikpapan juga bagus, menjadi viral," ujar Arief.

Arief mengatakan viralnya keunikan Bandara Sepinggan di media sosial merupakan indikator banyaknya masyarakat yang menyukai kreasi itu. Dari fasilitas unik yang ada di Bandara yang dikelola AP I itu, Arief berharap akan ada perubahan yang signifikan dari pergerakan wisman tahun ini. 

“Kita akan meng-attract 100 juta penumpang tahun ini. Sebanyak 80 persennya domestik dan 20 persennya itu wisatawan mancanegara. Maka jagalah kebersihan dan wibawa bandara kita di daerah manapun,” katanya

Pujian juga datang dari Koordinator Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Lombok Sumbawa Siti Chotijah. Menurutnya apa yang dilakukan di toilet Bandara Sepinggan sungguh unik dan menarik.

“Ini unik banget. Betul-betul keren. Langsung jadi perbincangan netizen, loh. Kalau tampilan visualnya keren seperti itu, semua pasti betah berlama-lama di toilet,” katanya. 

Tampilan visual toilet Bandara Sepinggan memang menggelitik. Toilet yang umumnya kumuh, bau, tak menarik, disulap menjadi toilet super bersih berasitektur kekinian. Visualnya pun menampilkan gambar tiga dimensi.

Motif lantainya, ada yang dilukis gambaran air laut jernih lengkap dengan koral dan ikan warna warni. Dindingnya, dihias lukisan pohon kelapa. Awan putih dan birunya langit juga ikut diperlihatkan. Semua pengguna toilet seakan diajak menerawang ke destinasi wisata yang superkeren dan terasa tampak nyata.

“Apalagi wastafelnya bergaya modern. Urinoirnya juga bersih. Klosetnya juga tak beda jauh dengan hotel bintang 5. Tidak berbau dan nyaman digunakan. Saya sangat terkesan,” ujar Jhe, sapaan Chotijah.

Kreasi itu memang sengaja dimunculkan PT. Angkasa Pura I selaku pengelola. Corporate Secretary AP I Israwadi mengatakan misi dibuatnya desain tiga dimensi di toilet Bandara Sepinggan adalah membuat pengunjung bandara terpana. 

”Pesannya memang seperti itu. Kami ingin membuat pengunjung dan pengguna bandara betah berlama-lama,” kata Israwadi.

Lantaran keunikannya, semua yang pernah masuk toilet Bandara Sepinggan hampir bisa dipastikan akan mengabadikan berbagai momen dengan berswafoto atau foto bersama. Foto-foto mereka langsung diunggah ke dunia maya sehingga menjadi viral.

Bahkan tak hanya toiletnya saja yang disulap menjadi kian menarik. Di bawah skylight juga ikut disisipkan stiker 3D yang unik. “Penumpang yang lewat sana pasti wajib berselfie biar nggak rugi,” kata Israwadi.

Sumber : Kemenpar