Kamis , 11 January 2018, 09:29 WIB

Berapa Lama Orang Bisa Jatuh Cinta?

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Wihdan Hidayat/Republika
Sepasang Suami-Istri (ilustrasi)
Sepasang Suami-Istri (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika Anda bertanya pada 100 pasangan di seluruh dunia tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk jatuh cinta, Anda mungkin akan menerima 100 jawaban berbeda. Cinta adalah hal tersulit untuk diukur karena tidak berbentuk fisik.

Cinta itu berbeda di setiap pasangan, bahkan bisa berubah seiring bertambahnya usia. Saat remaja, Anda mungkin jatuh cinta dengan pria imut yang membuat Anda merasa spesial. Sat dewasa, Anda mungkin sulit jatuh cinta.
 
Semakin dewasa seseorang, kecepatan jatuh cintanya sangat berbeda. Mungkin karena Anda menyadari cinta adalah sesuatu yang berbeda. Saat muda Anda mungkin tidak tahu arti sebenar dari jatuh cinta karena tak bisa membedakan jatuh cinta dengan nafsu belaka.
 
Faktor lain yang menghambat seseorang cepat jatuh cinta adalah jika mereka pernah jatuh cinta sebelumnya dan akhirnya terluka. Sakit hati dan rasa sakit menyebabkan seseorang menutup diri dan menjaga perasaan mereka. Ini membuat mereka sulit jatuh cinta lagi.
 
Mereka lebih berhati-hati dengan sosok yang coba mendekat. Mereka bahkan bisa mempertahankan 'benteng' itu dalam waktu lama, sehingga dibutuhkan seseorang yang benar-benar berjuang untuk mendapatkan cintanya.
 
Untuk mengukur berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk jatuh cinta, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu apakah Anda sedang jatuh cinta atau tidak. Berikut beberapa tanda Anda benar-benar jatuh cinta, dilansir dari Love Panky.
 
1. Si dia membuat Anda tersenyum
Jika Anda tersenyum hanya dengan melihat tulisan nama seseorang yang Anda sukai, itu pertanda awal Anda sedang jatuh cinta.
 
2. Si dia orang pertama yang ingin Anda hubungi
Jika Anda ingin menghubungi orang yang sama dan menceritakan tentang hal-hal yang Anda alami, ini juga pertanda si dia sudah memiliki hati Anda.
 
3. Kebahagiaannya sangat berarti
Cinta berarti tidak mementingkan diri sendiri. Jika Anda merasa kebahagiaannya sangat berarti, Anda bisa dikatakan tengah jatuh cinta. Anda bahkan memprioritaskan keinginanya ketimbang keinginan pribadi.
 
4. Anda melihat masa depan bersamanya
Jika Anda tak dapat membayangkan hidup tanpanya, ini juga artinya Anda sudah jatuh cinta.
 
5. Menjadi diri sendiri saat bersamanya
Anda tahu bahwa apapun yang Anda lakukan, si dia tetap nyaman bersama Anda. Jika Anda merasa Anda menjadi orang lain ketika bersama seseorang, bisa dipastikan ini bukan cinta.