Sunday, 6 Sya'ban 1439 / 22 April 2018

Sunday, 6 Sya'ban 1439 / 22 April 2018

Liburan Menyenangkan di Rumah? Bisa Banget

Ahad 17 December 2017 06:02 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Menonton film bisa menjadi salah satu kegiatan liburan di rumah.

Menonton film bisa menjadi salah satu kegiatan liburan di rumah.

Foto: Flickr

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musim liburan sekolah telah tiba. Anak-anak yang baru saja menyelesaikan ujian akhir semester (UAS) akhirnya bisa menikmati waktu senggangnya. Pilihan tempat berlibur pun banyak. Ada yang di dalam kota, ke luar kota bahkan bisa saja liburan di rumah.

Psikolog anak, Ine Indriani, mengatakan salah satu liburan yang edukatif dan menyenangkan juga bisa menghemat biaya itu bisa dilakukan di dalam rumah. Menurutnya ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Mulai dari main bersama, masak bersama, menonton bersama, cuci mobil bersama, membersihkan rumah bersama juga bisa. Atau membuat sesuatu bersama misalnya membuat mainan bareng, masakan bareng, playdough atau lainnya.

Selain itu, pilihan menghabiskan waktu liburan bisa dilakukan dengan bermain di taman kompleks, olahraga bersama, atau sekadar bermain sepeda bersama.

"Kuncinya adalah kegiatan yang interaktif yang sama-sama dilakukan bersama dan membuat keduanya happy. Indikatornya adalah kita lihat si anak happy dan dia bilang happy," jelasnya kepada Republika.co.id.

Bagi orang tua yang tidak bisa cuti sementara anaknya ingin liburan bersama, Ine menyarankan pastikan Sabtu Ahad dibuat jadwal yang menyenangkan untuk main bersama anak. Lalu rancang kegiatan selama ibu dan ayah bekerja dan sediakan keperluan yang dibutuhkan.

Di malam hari tetap bisa dengan ayah ibu misalnya menonton bersama, main bersama, baca buku bersama, dan lainnya. Bisa juga mengundang teman untuk bermain, sepupu atau ke rumah nenek.

Manfaat liburan untuk anak menurut Ine banyak sekali. Anak bisa melepas stres dan agar anak bahagia. Liburan juga baik untuk perkembangan emosi anak, sekaligus sarana mendekatkan diri orang tua dan anak. Juga sarana untuk bergerak, untuk menstimulasi kecerdasan anak juga apalagi kalau bersifat edukatif.

Sementara liburan di rumah menurutnya itu lebih murah meriah. Namun harus dibuat kreatif agar anak tidak bosan dan tetap bahagia. "Buat rencana yang matang, kreatif, orang tua harus terlibat, buat suasana nyaman, pastikan kegiatan membuat anak bahagia," tambahnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES